Breaking News:

TP PKK Deli Serdang Jelaskan Manfaat Vaksin bagi Masyarakat

Setelah pertemuan ini, para hadirin harus dapat menyampaikan tentang pentingnya vaksinasi Covid-19 di tengah-tengan masyarakat Deli Serdang.

Dok. Humas Pemkab Deli Serdang
Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Deli Serdang Yunita Ashari Tambunan saat menggelar pertemuan bulanan dalam rangka sosialisasi tentang vaksinasi Covid-19 di Aula Kantor PKK Deli Serdang, Selasa (16/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com - Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Deli Serdang Yunita Ashari Tambunan berharap, seluruh masyarakat di wilayahnya dapat memahami manfaat dari vaksin Covid-19.

“Sehingga, tidak ada lagi warga Kabupaten Deli Serdang yang ragu atau tidak mengetahui tentang kegunaan vaksin ini,” katanya dalam keterangan tertulis yang Tribun Medan terima, Rabu (17/2/2021).

Hal tersebut Yunita sampaikan saat menggelar pertemuan bulanan dalam rangka sosialisasi tentang vaksinasi Covid-19 di Aula Kantor PKK Deli Serdang, Selasa (16/2/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Deli Serdang tersebut dimaksudkan untuk menindaklanjuti pertemuan lewat zoom meeting tentang vaksinasi Covid-19 dari Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat dengan TP PKK Pusat Wilayah Regional I, Senin (8/2/2021).

“Maka dari itu, saya merasa perlu untuk melaksanakan sosialisasi dengan menggandeng Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Batang Kuis sebagai narasumber,” imbuh Yunita.

Oleh karenanya, lanjut dia, apa yang telah disampaikan narasumber agar dipahami supaya dapat diterapkan kepada diri sendiri, keluarga, serta orang-orang terdekat.

Tak hanya itu, Yunita mengimbau, setelah pertemuan itu, peserta harus dapat menyampaikan pentingnya vaksinasi Covid-19 di tengah-tengan masyarakat Deli Serdang.

“Sebab, vaksinasi dapat melindungi diri sendiri dan keluarga dari virus Covid-19 yang mematikan manusia”, ujarnya.

Vaksinasi Covid-19 pada lansia

Pada kesempatan yang sama, KUPT Puskesmas Batang Kuis memaparkan, vaksinasi Covid-19 pada lanjut usia (lansia) akan diberikan dengan penuh kesiagaan atau kehati-hatian.

“Kami juga memperhatikan kriteria rapuh atau renta dan pemberian vaksin dengan rentang waktu 28 hari,” ucapnya.

Selain itu, sambung dia, selama vaksinasi berlangsung harus ada dokter siaga di tempat tersebut. Begitu pula dengan standar penanggulangan keadaan darurat harus tersedia.

Lebih lanjut ia mengatakan, diperlukan komunikasi publik untuk mempersiapkan keadaan kesehatan lansia sebelum dilakukan vaksinasi. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengurangi gejala kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

“Terlebih, monitor dan evaluasi pasca vaksinasi pada lansia perlu dijalankan secara cermat dan sistematis,” jelasnya.

Dalam kegiatan sosialisasi, turut dihadiri Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Deli Serdang Sri Pepeni Yusuf Siregar, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Herawati Darwin Zein, beserta para Ketua TP PKK se-kecamatan.

Penulis: Dwi Nur Hayati
Editor: AMALIA PURNAMA SARI
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved