Breaking News:

Meski Pandemi, Punya Rumah Tetap Mudah Berkat Layanan Digital BTN Properti

Aplikasi BTN Properti adalah inovasi layanan digital dari PT Bank Tabungan Negara Tbk (Persero) untuk terus memaksimalkan layanan mengajukan KPR.

TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI
WARGA melintas di depan perumahan KPR-BTN bersubsidi yang baru dibangun di Griya Sirsak Sei Mencirin, Jalan Salomo Ginting, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, PT Bank Tabungan Negara (BTN) meluncurkan beragam program pembiayaan perumahan untuk calon debitur sehingga mereka lebih mudah memiliki rumah.TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -  Pandemi Covid-19 di Indonesia sudah berlangsung hampir setahun. Beragam cara dilakukan pemerintah untuk memutus penyebaran virus ini. Satu diantaranya dengan memberlakukan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Beragam aktivitas harus tertunda karena kebijakan PPKM, diantaranya mengurus berkas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ataupun sekadar melihat properti yang ingin dibeli tahun ini.

Tetapi, dengan aplikasi BTN Properti yang tersedia di Playstore, beragam aktivitas yang berkaitan dengan properti kini sudah ada dalam genggaman dan cukup dikendalikan ujung jari. Calon debitur cukup menekan fitur-fitur yang ada di aplikasi untuk sekadar melihat properti yang dipasarkan, melakukan simulasi KPR, hingga pengajuan KPR.

Aplikasi BTN Properti adalah inovasi layanan digital dari PT Bank Tabungan Negara Tbk (Persero) atau BTN yang hadir sejak tahun 2019. Aplikasi ini dimaksudkan untuk terus memaksimalkan layanan pengajuan KPR bagi calon debiturnya. Dengan aplikasi ini, calon debitur tidak harus melakukan pengajuan KPR secara manual, tetapi juga digital. Selain versi aplikasi, BTN Properti juga tersedia dalam bentuk situs dengan alamat: www. btnproperti.co.id dan hadir sejak 2015.  

BTN Medan menjadi salah satu kantor cabang BTN di Indonesia yang gencar memperkenalkan aplikasi dan situs BTN Properti kepada calon debitur. Terlebih di masa pandemi ini, dimana aktivitas masyarakat dibatasi untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Wakil Kepala Cabang BTN Medan, Hari Purnomo menjelaskan, aplikasi dan situs BTN Properti kini tak hanya sebatas layanan yang menampilkan informasi seputar properti yang dijual di seluruh Indonesia atau profil pengembang (developer). Lebih dari itu, layanan digital ini mempermudah calon debitur untuk mengajukan KPR tanpa harus membawa tumpukan berkas berwujud kertas ke kantor cabang BTN di wilayah tempat tinggalnya.

“Mudah dan cepat menjadi semangat yang dimiliki BTN dalam menyalurkan pembiayaan perumahan kepada calon debitur melalui layanan digital ini,” kata Hari Purnomo kepada Tribun-Medan.com, akhir pekan lalu.

Semangat mudah dimaknai dengan tidak berbelit-belitnya proses pengajuan KPR oleh calon debitur. Setelah melihat dan memilih rumah yang diinginkan, calon debitur cukup membuka menu “Ajukan Kredit” dan mengisi kolom yang tersedia. Selanjutnya mengupload (memasukkan) berkas persyaratan yang telah discan seperti KTP, slip gaji, NPWP, dan lain-lain.

“Setelah berkas-berkas disiapkan, proses pengajuan tak lama, sekitar 10 menit saja,” kata Hari.

Sedangkan semangat cepat dimaknai sebagai waktu memroses pengajuan KPR yang lebih efektif. Jika dilakukan dengan cara manual dan ada berkas yang masih kurang, maka calon debitur harus mengantarkan lagi berkas yang kurang ke kantor BTN. Sedangkan secara digital, calon debitur cukup mengirimkan kembali berkas lewat aplikasi atau situs.

Hari menjelaskan, sistem e-loan yang dimiliki BTN ikut mendukung cepatnya proses pengajuan KPR. Melalui sistem e-loan yang terpusat ini, berkas pengajuan KPR dari seluruh Indonesia akan masuk ke sistem e-loan.

Halaman
1234
Penulis: Truly Okto Hasudungan Purba
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved