Breaking News:

News Video

Rapat Pleno Penetapan Wali Kota Medan Terpilih Selesai, KPU Serahkan Berkas ke DPRD Medan

Untuk pelantikan, Agussyah mengatakan menyerahkan proses nya ke DPRD Medan untuk melakukan paripurna pengusulan pelantikan Wali Kota Medan.

TRIBUN-MEDAN.com - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Medan resmi menetapkan Bobby Nasution dan Aulia Rachman sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan terpilih hasil pilkada 2020 di Hotel Aryaduta, Kamis (18/2/2021) siang.

Ketua KPU Medan, Agussyah Damanik mengatakan hal ini adalah serangkaian proses tahapan puncak kegiatan rapat pleno yang dilakukan oleh KPU Kota Medan. Sekaligus juga mengakhiri rangkaian Pilkada Kota Medan.

"Karena sudah mulai sejak proses penetapan Paslon kemudian nomor urut, kampanye, rekapitulasi dan ini kita menetapkan Paslon Wali Kota terpilih paska putusan dari MK di 15 Februari. Dan paling lambat 5 hari dari putusan itu harus diproses dengan segera untuk penetapan," ujarnya.

Untuk pelantikan, Agussyah mengatakan menyerahkan proses nya ke DPRD Medan untuk melakukan paripurna pengusulan pelantikan Wali Kota Medan.

"Kita serahkan prosesnya ke DPRD Medan yang akan melakukan paripurna untuk mengusulkan kepada Menteri Dalam Negeri," katanya.

Ia mengatakan di tengah pandemi Covid-19, jumlah tingkat partisipasi warga Kota Medan dalam Pilkada meningkat.

Meskipun tidak melebihi standar nasional, kata dia, sepanjang Pilkada Kota Medan, jumlah partisipasi masyarakat di tahun 2020 merupakan jumlah tertinggi dalam statistik.

"Terkait dengan prestasi yang saya  sampaikan tadi, Medan ini termasuk tingkat partisipasi pemilih selama Pilkada 2010 sampai 2015 kita rendah dan hari ini yang paling tinggi," ujarnya.

Dia mengatakan, terdapat peningkatan yang signifikan jumlah pemilih jika dibandingkan dengan Pilkada tahun-tahun sebelumnya.

"Ada peningkatan signifikan meskipun bila dikukur dengan target nasional tidak terlampaui. Tetapi kalau dilihat dari track nya paling tinggi," tuturnya.

Dikatakannya, tingkat kekhawatiran terhadap Covid-19 bagi warga Kota Medan yang berpartisipasi sebagai pemilih di Pilkada Kota Medan juga relatif kecil.

"Dan ini berkat kerjasama semua pihak dan kesadaran politik masyarakat. Ini juga di tengah pandemi Covid-19. Dan alhamdullilah ke khawatiran orang soal resiko keselamatan itu tidak terjadi," pungkasnya.

(cr14/tribun-medan.com)

Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Bobby Silalahi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved