Breaking News:

Rapat Pleno Penetapan Wali Kota Terpilih Selesai, KPU Serahkan Berkas ke DPRD Medan

KPU Kota Medan resmi menetapkan Bobby Nasution dan Aulia Rachman sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan terpilih hasil Pilkada 2020

Tribun-Medan.com/Rechtin Hani
Ketua KPU Medan, Agussyah Damanik saat ditemui usai Rapat Pleno menetapkan Bobby Nasution dan Aulia Rachman sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan terpilih hasil pilkada 2020 di Hotel Aryaduta, Kamis (18/2/2021) siang. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Medan resmi menetapkan Bobby Nasution dan Aulia Rachman sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan terpilih hasil Pilkada 2020 di Hotel Aryaduta, Kamis (18/2/2021) siang.

Ketua KPU Medan, Agussyah Damanik mengatakan hal ini adalah serangkaian proses tahapan puncak kegiatan rapat pleno yang dilakukan oleh KPU Kota Medan. Sekaligus juga mengakhiri rangkaian Pilkada Medan.

"Karena sudah mulai sejak proses penetapan Paslon kemudian nomor urut, kampanye, rekapitulasi dan ini kita menetapkan Paslon Wali Kota terpilih paska putusan dari MK di 15 Februari. Dan paling lambat 5 hari dari putusan itu harus diproses dengan segera untuk penetapan," ujarnya.

Untuk pelantikan, Agussyah mengatakan menyerahkan prosesnya ke DPRD Medan untuk melakukan paripurna pengusulan pelantikan Wali Kota Medan.

"Kita serahkan prosesnya ke DPRD Medan yang akan melakukan paripurna untuk mengusulkan kepada Menteri Dalam Negeri," katanya.

Sebelum nya, KPU Medan mengeluarkan Surat Keputusan nomor 175/TL.02.7-KPT/1271/KPU-Kot/II/2021 Tentang Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih berdasarkan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kita Medan 2020.

Surat keputusan tersebut pun dibacakan oleh ketua KPU Medan, Agussyah Damanik dan didampingi empat komisioner KPU Medan saat pleno terbuka penetapan wali kota dan wakil wali kota Medan oleh KPU Medan.

"Ketua KPU Medan menimbang bahwa untuk melaksanakan pasal 31 ayat 3 dan 54 ayat 4 PKPU nomor 9 tahun 2018 tentang rekapitulasi hasil perhitungan suara dan penetapan hasil pemilihan gubernur dan wakil gubernur, Bupati dan wakil bupati, dan atau wali kota dan wakil wali kota. Sebagai mana pernah berubah di PKPU no 19 tahun 2020," katanya.

Maka perlu, lanjutnya, menetapkan pasangan wali kota dan wakil wali kota terpilih dalam pemilihan Medan 2020. Mengingat dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, memutuskan menetapkan keputusan KPU Kota Medan tentang penetapan walikota Medan 2020.

"Pasangan calon terpilih adalah Bobby Nasution sebagai Wali Kota Medan dan Aulia Rachman, Wakil Wali Kota Medan dengan perolehan suara 393.327," ujarnya.

"Dengan gabungan partai politik pengusul PDIP, Gerindra, PAN, Golkar, Nasdem Hanura, PSI dan PPP. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan di Medan 18 Februari 2021," tambahnya.

Agussyah juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran KPU Kota Medan dan seluruh pihak atas terselenggaranya Pilkada Kota Medan.

"Saya dan seluruh jajaran KPU Kota mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak. Pada kesempatan ini kami juga mengucapkan selamat kepada Paslon terpilih. Semoga amanah dan mampu membawa Kota Medan ini menjadi kota yang maju dan sejahtera," pungkasnya.

(cr14/tribun-medan.com)

Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved