Breaking News:

Update Covid19 Sumut 18 Februari 2021

Sempat Terkendala Usia, Wakil Bupati Karo Dapat Vaksinasi di Tahap Kedua

Berdasarkan pengakuan dari Cory, saat ini dirinya sudah menginjak usia 70 tahun, sehingga pada saat vaksinasi awal itu dirinya tidak menerima vaksin.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
WAKIL Bupati Karo Cory Sebayang (baju batik) menjalani pemeriksaan sebelum diberikan suntikan vaksin Covid-19, di Pendopo Bupati Karo, Jalan Veteran, Kabanjahe, Kamis (18/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo, hari ini kembali melakukan vaksinasi tahap kedua, Kamis (18/2/2021). Diketahui, vaksinasi kali ini merupakan lanjutan dari tahap awal yang dilakukan pada Kamis (4/2/2021) lalu.

Dari dua kali pelaksanaan vaksinasi ini, Wakil Bupati Karo Cory br Sebayang diketahui baru kali ini mendapatkan suntikan vaksin.

Pasalnya, pada vaksinasi awal kemarin dirinya belum bisa diberikan vaksin karena terkendala usia yang sudah melebihi.

Informasi yang didapat, sebelumnya pemerintah telah menetapkan batas usia penerima vaksin produksi Sinovac ini di angka 59 tahun. Namun, saat ini pemerintah mengatakan jika umur yang telah melebihi angka tersebut bisa diberikan suntikan vaksin.

"Iya saya baru hari ini menerima vaksin untuk yang pertama. Karena kemarin saat awal, pemerintah membuat aturan paling tua itu 59 tahun, jadi saya tidak bisa. Tapi saat ini pemerintah sudah membuat aturan boleh diberikan untuk usia di atas 59 tahun, jadi saya bisa menerima suntikan," ujar Cory, saat ditemui di Pendopo Bupati Karo, Jalan Veteran, Kabanjahe.

Berdasarkan pengakuan dari Cory, saat ini dirinya sudah menginjak usia 70 tahun, sehingga pada saat vaksinasi awal itu dirinya tidak bisa menerima vaksin. Dengan adanya aturan baru ini, hari ini Cory bisa ikut menerima vaksin bersama pimpinan Forkopimda lainnya.

"Saya kebetulan sudah 70 tahun, sebelumnya kalau untuk usia saya kan sudah beda vaksinnya. Tapi dengan aturan baru ini, saya bisa disuntik menggunakan vaksin yang sudah ada ini," ucapnya.

Cory menjelaskan, dengan adanya aturan baru ini dirinya sangat antusias untuk dapat menerima suntikan vaksin untuk kekebalan tubuh dalam memerangi Covid-19 ini. Dirinya mengatakan, saat dilakukan suntik ia juga tidak merasa was-was, malah sangat bersemangat.

"Antusias saya bisa ikut vaksin hari ini, dan ini akan membuktikan kepada masyarakat yang umurnya sudah seperti saya jika aman untuk divaksinasi," ucapnya.

Di tempat serupa, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo Drg Irna Safrina Meliala mengungkapkan, hari ini ada dua orang yang dilakukan suntikan vaksin tahap awal.

Dirinya mengatakan, yang baru kali ini dilakukan penyuntikan ialah asisten tiga Pemkab Karo Mulianta Tarigan.

"Kalau ibu Wakil Bupati kemarin kan memang terkendala usia, tapi kalau pak asisten tiga karena saat vaksinasi tahap awal sempat mengalami gangguan kesehatan sehingga baru hari ini diberikan suntikan," katanya.

Ketika ditanya kapan jadwal vaksinasi tahap kedua bagi keduanya, Irna menjelaskan jika keduanya dilakukan penyuntikan di waktu yang berbeda. Dijelaskan Irna, untuk Mulianta akan diberikan suntikan pada 14 hari setelah suntikan hari ini. Sedangkan untuk Cory, akan diberikan suntikan sekitar 20 hari setelah hari ini. (cr4/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved