Breaking News:

INFO BMKG-Diperkirakan Alami Kemarau, Masyarakat Kawasan Danau Toba Dilarang Membakar Lahan

Dengan perkiraan musim kemarau hingga di bulan Maret, pihak BMKG Silangit melarang masyarakat membuka lahan baru dengan cara membakar.

MAURITS PARDOSI/TRIBUN MEDAN
Panas terik di kawasan Balige 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) perikiran hari ini cuaca cerah karena sudah memasuki musim kemarau.

Dengan perkiraan musim kemarau hingga di bulan Maret, pihak BMKG Silangit melarang masyarakat membuka lahan baru dengan cara membakar.

Lebih rinci, Koordinator Observasi dan Informasi BMKG Silangit Suyitno Tejo Arianto menjelaskan agar masyarakat tidak membuang api ke lahan yang mudah terbakar.

Sebab, hal itu dapat mengakibatkan api menjalar hingga mengakibatkan kebakaran hebat.

“Imbauan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan pertanian dan perkebunan untuk membuka lahan baru, tidak membuang puntung rokok sembarangan, dan menjaga daya tahan tubuh agar tidak dehidrasi,” ujar Koordinator Observasi dan Informasi BMKG Silangit Suyitno Tejo Arianto saat dikonfirmasi Tribunmedan.id pada Jumat (19/2/2021).

Ia menambahkan setelah musim kemarau hingga bulan Maret, curah hujan akan meningkat pada bulan April dan puncak curah hujan terjadi pada bulan Mei.

“Musim kemarau ini akan berlangsung sampai bulan Maret, dan dibulan April curah hujan akan meningkat kembali dan puncak curah hujan nya terjadi di bulan Mei,” sambungnya.

Lebih lanjut, ia menguraikan prakiraan cuaca pada hari ini di kawasan Danau Toba.

“Berikut kami sampaikan Info prakiraan cuaca esok hari tanggal 19 Februari 2021 di kabupaten Tapanuli Utara, Toba, Humbang Hasundutan, Samosir dan Simalungun . pada pagi hingga siang hari, cuaca pada umumnya diprakirakan cerah berawan,” terangnya.

Sementara, pada siang hingga sore hari, cuaca pada umumnya diprakirakan berawan.  Dan, pada sore hingga malam hari, pihak BMKG Silangit memperkirakan cuaca berawan hingga hujan dengan intensitas ringan.

“Pada malam hingga esok, Sabtu (20/2/2021) dini hari, cuaca pada umumnya diprakirakan berawan. Namun, potensi hujan ringan diprakirakan terjadi pada malam hingga dini hari di Kabupaten Simalungun dan Tapanuli Utara,” sambungnya.

Ia juga menambahkan perihal suhu dan kelembaban udara serta arah dan kecepatan angin.

“Suhu udara berada antara 17.0 hingga 32.0 derajat celcius dan kelembapan udara berada antara 50 hingga 100 persen. Angin bergerak dari arah Barat Laut menuju Timur Laut dengan kecepatan 10 – 20 kilometer per jam,” pungkasnya.

(cr3/tribun-medan.com)

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved