Breaking News:

KPUD Karo Tetapkan Cory Sebayang dan Theopilus Ginting Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Karo Terpilih

"Memang sesuai aturan maksimal lima hari setelah penetapan dari MK, sehingga hari ini kita lakukan rapat pleno penetapan," ujar Gemar.

Nasrul / Tribun Medan
Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan ST, menyerahkan surat keputusan penetapan Cory br Sebayang dan Theopilus Ginting sebagai bupati dan wakil bupati terpilih, di Hotel Sinabung Hills, Jalan Kolam Renang, Berastagi, Jumat (19/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, BERASTAGI - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo, menggelar rapat pleno penetapan calon terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Karo, Jumat (19/2/2021).

Penetapan ini, dijalankan berdasarkan surat keputusan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo dengan nomor 179/PL.02.7-Kpt/KPU-Kab/1206/II/2021.

Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan ST, mengungkapkan jika penetapan ini sesuai dengan aturan dari KPU RI yang mengharuskan KPUD menetapkan calon menjadi bupati terpilih paling lama lima hari setelah selesainya proses perkara Pilkada.

Seperti diketahui, perkara Pilkada untuk Kabupaten Karo telah selesai dilakukan melalui putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia pada Selasa (16/2/2021) kemarin.

"Memang sesuai aturan maksimal lima hari setelah penetapan dari MK, sehingga hari ini kita lakukan rapat pleno penetapan," ujar Gemar.

Gemar menjelaskan, berdasarkan putusan dari majelis hakim MK dengan nomor 35.05/PAN.MK/PSPK/02/2021, pihak MK menyatakan jika berkas gugatan dari dua Paslon lainnya tidak diterima.

Kemudian, hal ini diperkuat lagi dengan adanya surat keputusan dari Panitera Mahkamah Konstitusi nomor 36.05/PAN.MK/PSPK/02/2021, sehingga proses perkara Pilkada ini ditanyakan selesai.

Dirinya menyebutkan, dengan adanya putusan ini KPUD Karo langsung memutuskan dan menetapkan jika pasangan Cory br Sebayang dan Theopilus Ginting Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Karo terpilih. Dirinya mengatakan, sesuai dengan hasil dari pemungutan suara, pasangan nomor urut lima ini mendapatkan suara sebanyak 59608.

"Dengan telah melewati serangkaian proses, akhirnya hari ini kita menetapkan dan memutuskan pasangan Cory br Sebayang dan Theopilus Ginting sebagai bupati dan wakil bupati terpilih," katanya.

Amatan www.tribun-medan.com, pada rapat pleno ini dihadiri langsung oleh Cory br Sebayang dan Theopilus Ginting didampingi para tim dan perwakilan dari masing-masing partai pengusung. Selain itu, pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karo juga turut hadir di lokasi rapat pleno yang dilangsungkan di Hotel Sinabung Hills Berastagi, Jalan Kolam Renang, Berastagi.

Gemar menjelaskan, setelah melakukan penetapan hari ini paling lama besok mereka akan menyampaikan salinan rapat pleno ini kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karo. Nantinya, pihak DPRD akan melakukan rapat paripurna untuk melanjutkan penetapan ini ke gubernur dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Di tempat serupa, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karo Eva Juliani Pandia menjelaskan, jika untuk proses penetapan pemenang Pilkada tidak hanya ditetapkan di tingkat KPUD saja. Karena, seperti yang terjadi saat ini proses Pilkada diputuskan hingga ke tingkat yang lebih tinggi tepatnya di MK.

"Ini merupakan kemenangan bagi masyarakat Kabupaten Karo, tidak ada lagi yang terbelah-belah. Karena kita sudah punya pemimpin yang menang dipilih oleh masyarakat sendiri," pungkasnya.

(cr4/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved