Breaking News:

Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Tahap I, Pemkab Langkat Sasar 3.970 Nakes dan Tokoh Masyarakat

Bupati dan Wakil Bupati Langkat gagal melewati proses skrining vaksinasi Covid-19.

Penulis: Inang Jalaludin Shofihara (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
DOK. Humas Pemkab Langkat
Pemkab Langkat menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 tahap I di Pendopo Jentera Malay, Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Senin (8/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat Juliana mengatakan, pihaknya melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap I kepada tenaga kesehatan (nakes), pejabat daerah, dan tokoh masyarakat.

Para nakes se-Langkat tersebut berjumlah 3.970 orang dan terdiri dari dokter, bidan, perawat, dan nakes pembantu. Nantinya mereka juga akan terlibat langsung dalam vaksinasi kepada masyarakat.

Pelaksanaan vaksinasi nakes akan dilakukan di 37 lokasi, yakni di 30 puskesmas se-Langkat, di Klinik Polres Langkat dan di 5 Rumah Sakit Umum (RSU).

“5 RSU tersebut, RS Putri Bidadari, RS PTP N2 Tanjung Selamat, RSD Tanjung Pura, RS Dahlia dan RS Pertamina Pangkalan Brandan,” ujarnya di lokasi vaksinasi di Pendopo Jentera Malay, Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Senin (8/2/2021).

Sembari menjelaskan, Juliana mengatakan, vaksin diberikan dua kali atau dua tahap kepada setiap orang. Jadi tahap II akan dilakukan pada hari ke-14, terhitung sejak hari pertama divaksin.

Sebab, inkubasi vaksin pertama selama 14 hari hanya membentuk 50 persen antibodi. Jadi di hari ke-14 itu dilakukan vaksinasi tahap II, agar di hari ke-28 (terhitung dari vaksinasi pertama), antibodinya terbentuk 100 persen.

Selain itu, Juliana juga meminta dukungan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan seluruh masyarakat Langkat dalam menyukseskan vaksinasi ini.

Dia berpesan, meski sudah divaksin, semuanya harus tetap menerapkan protokol kesehatan 5 M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas.

Di hari yang sama, sebelumnya juga dilaksanakan vaksinasi kepada tokoh masyarakat dan pejabat daerah.

Para pejabat dan tokoh masyarakat Langkat yang divaksin, di antaranya Asisten II EKonomi dan Pembangunan Hermasyah, Kepala Kepolisian Resor Langkat Edi Suranta Sinulingga, Komandan Komando Distrik Militer 0203/Langkat Wisnu Joko Saputro, dan Ketua Pengadilan Negeri Stabat As’ad Rahim.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved