Breaking News:

Lantik Dewan Hakim MTQ Ke-54 Deli Serdang, Ashari: Semoga Amanah dan Sukses

Bupati Ashari Tambunan mengucapkan selamat atas terpilihnya para dewan hakim jelang penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-54.

DOK. Humas Pemkab Deli Serdang
Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan saat melantik Dewan Hakim MTQ ke-54 Deli Serdang yang akan dilaksanakan di Pondok Pesantren Mawaridussalam, Desa Tumpatan, Kecamatan Batangkuis di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati Deli Serdang, Kamis (18/2/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan mengucapkan selamat atas terpilihnya para dewan hakim jelang penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-54.

“Semoga amanah ini dilancarkan dan dimudahkan, dan penyelenggaraan MTQ ke-54 Deli Serdang dapat berjalan sukses,” ujarnya dalam keterangan tertulis kepada Tribun Medan, Jumat (19/2/2021).

Dia mengatakan itu saat melantik Dewan Hakim MTQ ke-54 Deli Serdang yang akan dilaksanakan di Pondok Pesantren Mawaridussalam Desa Tumpatan Kecamatan Batangkuis di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati Deli Serdang, Kamis (18/2/2020).

“Ini adalah tugas yang mulia dan strategis untuk memberikan legitimasi dalam menetapkan juara yang berprestasi pada pelaksanaan kegiatan MTQ ke- 54,” ujarnya.

Ashari menyebut, dewan hakim adalah salah satu unsur penting dalam terselenggaranya kegiatan MTQ. Untuk itu, menjadi seorang dewan hakim bukanlah tugas yang mudah.

“Di samping harus memiliki kompetensi dan integritas yang tinggi, dewan hakim juga harus tahu kode etik yang harus dijalani saat bertugas, disiplin, dan hadir di arena sebelum dilaksanakannya kegiatan MTQ,” katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, pelantikan para dewan hakim pada MTQ ke-54 Deli Serdang, Senin-Jumat, 22-26 Februari 2021 mendatang didasarkan pada keahilannya.

“Saudara dipandang memiliki kemampuan, kecakapan, serta memenuhi kriteria dan persyaratan, untuk melaksanakan tugas sebagai dewan hakim, dengan baik, dan profesional,” ungkapnya.

Ketua Dewan Hakim MTQ Sugeng Wanto sebelumnya mengatakan, sejak pengukuhan dewan hakim, pihaknya telah melakukan langkah kegiatan terkait pembinaan qori, qori’ah generasi qur’ani sampai tingkat kecamatan.

Ada juga beberapa daerah melakukan kegiatan MTQ sampai tingkat desa dan kelurahan. Ini dilakukan untuk menyukseskan MTQ Deli Serdang dan mencari talenta terbaik dalam membangun generasi pencinta Al-Qur’an.

“Karena ini merupakan amanah, maka kami akan melakukan pembinaan baik secara kelembagaan dan mendorong secara individu dengan rumah tahfiz agar senantiasa menjadi generasi qur’ani di Kabupaten Deli Serdang,” katanya.

Adapun, pelantikan Dewan Hakim MTQ ke- 54 turut dihadiri Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an Deli Serdang yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Deli Serdang Darwin Zein, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Tolibun Pohan.

Hadir pula Kepala Dinas Pendidikan Timur Tumanggor, Pelaksana tugas Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Miska Gewasari, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Mukti Ali Harahap, dan Kepala Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan Setdakab M Ari Mulyawan.

Penulis: Inang Jalaludin Shofihara
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved