Breaking News:

Wabup Syah Afandin: Hasil Reses DPRD Langkat Dapat Tingkatkan Rasa Pengabdian kepada Rakyat

Menurut Afandin, hasil reses yang disampaikan DPRD Langkat akan menjadi perhatian Pemkab Langkat.

DOK. Humas Pemkab Langkat
Wakil Bupati (Wabup) Langkat Syah Afandin menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Langkat di Gedung DPRD Langkat, Stabat, Selasa (16/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Wakil Bupati (Wabup) Langkat Syah Afandin mengatakan, hasil reses Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Langkat merupakan masukan yang didengar, dilihat, dan dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

“Kami meyakini hasil reses yang terwujud dapat lebih meningkatkan rasa pengabdian dalam kepada rakyat,” kata Afandin dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Medan, Jumat (19/2/2021).

Untuk itu, kata Afandin, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat akan ikut serta dalam mewujudkan kepentingan rakyat melalui program kerja sesuai skala prioritas.

Afandin mengatkan, semua hasil reses yang disampaikan DPRD Langkat akan menjadi perhatian Pemkab Langkat.

“Hasil reses sangat berguna untuk mewujudkan demokrasi dan kesejahteraan rakyat. Untuk itu, mari bersama-sama memajukan Langkat dan menyejahterakan rakyat,” pintanya.

Ucapan tersebut disampaikan Afandin saat mewakili Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Langkat di Gedung DPRD Langkat, Stabat, Selasa (16/2/2021).

Rapat paripurna tersebut dilaksanakan dalam rangka penyampaian Laporan Hasil Reses Masa Sidang I Tahun ke-2 Tahun Anggaran 2021.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Langkat Surialam mengatakan, Pemkab Langkat harus bisa menyediakan ruang-ruang pokok pikiran bagi anggota DPRD.

Ruang pokok itu, kata dia, berguna untuk menentukan skala prioritas dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Langkat pada tahun berikutnya.

“Sehingga usulan kami dapat berfungsi sebagaimana mestinya, baik dalam pembangunan, sosial, maupun ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Dalam rapat itu, Surialam menjelaskan dasar pelaksanaan reses. Salah satunya adalah Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah (Pemda).

“Selain itu, ada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD Langkat dan Surat Perintah Ketua DPRD Langkat No:171-427/SP/DPRD/2021 tanggal 5 Februari 2021 perihal Pelaksanaan Reses,” imbuhnya.

Sekadar informasi, pada sidang paripurna tersebut, masing-masing juru bicara anggota DPRD daerah pemilihan (dapil) menyampaikan hasil reses masing-masing. Hasil reses tersebut kemudian diberikan kepada Wabup dan Ketua DPRD Langkat.

Turut hadir dalam rapat, segenap anggota DPRD Langkat, para pejabat Pemkab Langkat, pimpinan partai politik (parpol) di Langkat, tokoh agama, masyarakat, serta pemuda Langkat, serta tamu undangan lain.

Penulis: AMALIA PURNAMA SARI
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved