Breaking News:

Anggaran Pilkada untuk KPU Medan Tersisa Rp 20 Miliar

KPU Medan banyak melakukan efisiensi sehingga banyak anggaran yang tersisa.

Tribun Medan/Riski Cahyadi
Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan nomor urut satu, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi (kiri) dan pasangan nomor urut dua, Bobby Nasution-Aulia Rahman (kanan) berpose usai mengikuti Debat Publik Putaran Terakhir Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan, di Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (5/12/2020) malam. Debat Publik Putaran Terakhir Pilkada Medan mengangkat tema Memperkokoh NKRI dan Kebangsaan, serta Menyerasikan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota Provinsi dan Nasional. (Tribun Medan/Riski Cahyadi) 

TRIBUN-MEDAN.com-KPU Kota Medan mendapatkan dana sebesar Rp 69,3 miliar untuk pelaksanaan Pilkada Medan tahun 2020.

Dari jumlah tersebut, terdapat sisa anggaran sebesar Rp 20 miliar dan masuk ke dalam pos Selisih Lebih Pembayaran Anggaran Tahun Berkenaan (SILPA).

Sekretaris KPU Medan Nirwan mengatakan, KPU Medan banyak melakukan efisiensi sehingga banyak anggaran yang tersisa.

“Ini kan masa pandemi. Banyak kegiatan yang bersifat virtual. Pertemuan tatap muka atau agenda di hotel banyak dikurangi. Pengadaan barang dan jasa juga diefisienkan. Jadi tidak semua kegiatan dijalankan secara tatap muka,” ungkapnya, Jumat (19/2/2021).

Nirwan menjelaskan dari anggaran Rp 69,3 miliar, tidak ada alokasi anggaran untuk pemungutan suara ulang (PSU). Menurut dia, KPU dilarang mengalokasikan anggaran PSU jika pada kenyataannya tidak ada pelaksanaan PSU.

“Jadi sisa kemarin memang karena efisiensi,” ujarnya.

Ketua KPU Medan Agussyah Damanik mengatakan, tingkat partisipasi warga Kota Medan dalam Pilkada meningkat meski tidak melebihi standar nasional.

Dia mengatakan, terdapat peningkatan yang signifikan jumlah pemilih jika dibandingkan dengan Pilkada tahun-tahun sebelumnya.

"Ada peningkatan signifikan meskipun bila dikukur dengan target nasional tidak terlampaui. Tetapi kalau dilihat dari track nya paling tinggi," tuturnya.

Dikatakannya, tingkat kekhawatiran terhadap Covid-19 bagi warga Kota Medan yang berpartisipasi sebagai pemilih di Pilkada Kota Medan juga relatif kecil.

Halaman
123
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved