Breaking News:

Manggala Agni Sibolangit Alami Kesulitan Padamkan Karhutla di Aceh Selatan

"Namun, adanya tangan jahil ataupun aktivitas pembukaan lahan dengan membakar  yang dilakukan saat situasi panas saat ini," lanjutnya. 

IST / TRIBUN MEDAN
Petugas dari Manggala Agni sedang padamkan api di areal kebakaran.  

TRIBUN-MEDAN.com, ACEH - Saat pemadaman api di Desa Padang Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan pada Jumat (19/2/2021), pihak Manggala Agni Sibolangit terjun dan alami kesulitan. 

"Karhutla yang terjadi di Desa Padang Berahan, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan pada Jumat (19/2/2021) dengan potensi terbakar yang sangat tinggi," ujar Agus Tarigan selaku katim dalam pemadaman ini saat dikonfirmasi Tribunmedan.id pada Sabtu (20/2/2021).

Ia melanjutkan bahwa dengan topografi tanah yang datar namun bersifat gambut mengakibatkan mereka kesulitan menjinakkan si jago merah yang melahap lahan.

"Dengan jenis kebakaran di lahan gambut ini mengakibatkan api lebih sulit padam dikarenakan rambatan api berada dibawah dan tidak tampak diatas permukaan tanah," sambungnya. 

Kebakaran hutan dan lahan saat ini masih saja terjadi dibeberapa daerah di Indonesia. Upaya pencegahan dan penegakan hukum yang dilakukan oleh pemerintah maupun aparat kepolisian sepertinya tidak menimbulkan kesadaran dan efek jera.

Ia menyebutkan tampak terpantau melalui aplikasi hotspot yang jumlahnya makin hari semakin bertambah.

Bukan saja dikarenakan musim kemarau faktor alam  yang saat ini dialami di beberapa daerah sehingga menimbulkan kebakaran hutan dan lahan. 

"Namun, adanya tangan jahil ataupun aktivitas pembukaan lahan dengan membakar  yang dilakukan saat situasi panas saat ini," lanjutnya. 

Luas lahan yang terbakar belum bisa untuk dipastikan dengan tepat namun untuk taksasi sementara sekitar 15 hingga 20 hektar. 

Tim yang bekerja juga diturunkan dari TNI POLRI serta KPH dari Provinsi Aceh. Hingga berita ini diturunkan, tim masih berupaya keras agar api bisa segera padam dan kabut asap tidak terjadi di Kabupaten Aceh Selatan.

(cr3/tribun-medan.com) 

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved