Breaking News:

Ajukan Program PSR, Dinperta Langkat Tunggu Surat Balasan Ditjenbun

Dinas Pertanian Kabupaten Langkat masih menunggu balasan terkait pengajuan program PSR Poktan Gaharu Indah.

Dok. Humas Pemkab Langkat
Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Langkat, Nasiruddinin. 

TRIBUN-MEDAN.com - Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Langkat, Nasiruddinin mengatakan, Dinas Pertanian (Dinperta) tengah menunggu surat balasan dari Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) Kementerian Pertanian terkait pengajuan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) untuk Kelompok Tani (Poktan) Gaharu Indah. 

"Setelah surat balasan itu keluar, Dinperta Langkat, akan mengirim surat Calon Peserta Lahan (CPL), kepada Ditjenbun, sebagai surat balas," kata Nasiruddinin dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Medan, Senin (22/2/2021).

Kemudian, lanjut Nasiruddin, setelah dikirim surat balasnya, Ditjenbun mengeluarkan surat rekomendasi kepada Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Menteri Keuangan.

Ia mengatakan, jika surat rekomendasi tersebut disetujui, BPDPKS akan mengeluarkan surat perjanjian tiga pihak antara BPDPKS, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan poktan.

"Perjanjiannya disaksikan Dinas Perkebunan Pemprovsu dan Dinas Pertanian Langkat," imbuhnya.

Menurut Nazaruddin, surat perjanjian tersebut berfungsi sebagai dasar dikeluarkannya bantuan untuk poktan.

"Teknisnya, dana bantuan akan disalurkan oleh pemerintah kepada BRI, kemudian BRI akan menyalurkannya kepada Poktan," paparnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, seluruh proses kepengurusan tersebut sama sekali tidak dipungut biaya.

Teknis sebelum berkas dikirim ke Ditjenbun

Nazaruddin menuturkan, sebelum berkas terkait pengajuan bantuan dikirim ke Ditjenbun, pihak poktan mengirimkan berkasnya kepada Dinperta Langkat untuk diverifikasi.

"Setelah lulus diverifikasi, berkas itu teruskan atau dikirim ke Dinas Perkebunan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Pemprovsu) untuk kembali diverifikasi," katanya. 

Setelah lulus diverifikasi dari Pemprovsu, sambung Nazaruddin, berkas baru dikirimkan ke Ditjenbun melalui aplikasi resemi Ditjenbun, yakni http://program-psr.bpdp.or.id.

"Pengiriman berkas, dikirim oleh pendamping, yaitu operator dari masing - masing Poktan ke Ditjenbun," sebut Nazaruddin.

Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: AMALIA PURNAMA SARI
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved