Breaking News:

Daftar Program Sekolah Penggerak, SMPN 1 Medan Target Jadi Contoh Inovasi Pembelajaran

persiapan-persiapan ini dilakukan  lebih kepada inovasi-inovasi yang dilakukan dalam pembelajaran di tengah pandemi.

Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/KARTIKA
PEMERIKSAAN suhu tubuh kepada peserta saat pendaftaran ulang PPDB oleh SMPN 1 Medan beberapa waktu lalu. 

Tribun-Medan.com, Medan - Peluncuran Sekolah Penggerak oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim mendapat sambutan baik dari pihak sekolah, diantaranya SMP Negeri 1 kota Medan.

Kepala SMPN 1 Medan, Lisnawati mengungkapkan, pihaknya sudah mendaftar diri mengikuti Sekolah Penggerak.

"Sangat baik kita memandang sekolah penggerak ini. Kita dari SMPN 1 Medan sudah mendaftar sejak dua Minggu lalu karena memang sudah ditunggu-tunggu sekali. Jadi begitu dibuka kami langsung daftar," ungkap Lisnawati, Senin (22/2/2021).

Lisnawati menuturkan, persiapan-persiapan ini dilakukan  lebih kepada inovasi-inovasi yang dilakukan dalam pembelajaran di tengah pandemi.

"Kalau persiapan yang umumlah bagaimana kita berinovasi agar kegiatan belajar mengajar tidak membosankan. Terus bagaimana guru kita adakan pelatihan terkait pembelajaran. Kita harus mampu untuk menginovasi itu karena anak tidak bertatap muka dengan kita tapi jangan sampai kehilangan haknya untuk kehilangan materi pembelajaran," ujarnya.

Diketahui, bahwa dalam pelaksanaan menjadi sekolah penggerak, kepala sekolah tidak dapat melakukan pemindahan sekolah.

Lisnawati mengatakan, pihaknya untuk berperan aktif untuk melaksanakan program-program yang akan dibawa hingga tahun 2024 mendatang jika SMPN 1 Medan terpilih.

"Iya tidak dipindahkan karena kita mempunyai program yang harus dijalankan setelah kita terpilih. Saya pikir mengenai program ini bukan dilihat dari penilaian sekolah tapi kepala sekolahnya bisa lulus sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan," tuturnya. 

Bagi Lisnawati, program Sekolah Penggerak ini bukan hanya membentuk karakter dan meningkatkan SDM di sekolah tersebut namun menjadi percontohan untuk sekolah lain.

"Harapannya SMPN 1 Medan bisa terpilih dan menjadi ikon satuan pendidikan untuk tingkatan pertama di kota Medan. Kita juga wajib untuk mengimbaskan inovasi yang kita lakukan, bukan untuk kita sendiri dan diharapkan sekolah lain kedepannya bisa juga turut menjadi sekolah penggerak," pungkasnya.(cr13/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved