Breaking News:

Peringati HPSN 2021, Bupati Ashari Singgung Masalah Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

Menurut Ashari, pengelolaan sampah harus memperhatikan aspek lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi.

DOK. Humas Pemkab Deli Serdang
Kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 di Kantor Pusat Penelitian Karet, Jalan Sultan Serdang, Desa Buntu Bedimbar, Kecamatan Tanjung Morawa, Minggu (21/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan mengatakan, saat ini pemerintah daerah kabupaten atau kota harus mulai menjalankan pengelolaan sampah berkelanjutan.

“Pengelolaan sampah berkelanjutan memperhatikan aspek lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi. Pengelolaan ini tidak hanya mengurangi dampak penumpukan sampah, tetapi juga mempertimbangkan aspek kesehatan masyarakat,” jelas Ashari dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/2/2021).

Selain itu, lanjut Ashari, dengan menerapkan pengelolaan berkelanjutan, maka pemerintah memposisikan sampah sebagai ketersediaan bahan baku, efisiensi penggunaan sumber daya, dan ekonomi sirkular.

“Pemerintah daerah tidak dapat melakukan hal ini sendiri. Ini penting untuk pelayanan publik agar memperoleh hasil optimal dan berkelanjutan,” ujarnya.

Ashari melanjutkan, untuk bisa memperoleh hasil optimal, peran serta masyarakat diperlukan untuk pengelolaan sampah di kota atau kabupaten.

Hal tersebut disampaikan Ashari dalam kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 di Kantor Pusat Penelitian Karet, Jalan Sultan Serdang, Desa Buntu Bedimbar, Kecamatan Tanjung Morawa, Minggu (21/2/2021).

Peringatan HPSN dengan tema “Sampah bahan baku ekonomi di masa pandemi” itu turut dihadiri Asisten II Putra Jaya Manalu, Camat Tanjung Morawa, dan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) beserta para perangkat desa.

Terkait pengelolaan sampah di Deli Serdang, Ashari menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan upaya-upaya pengelolaan sampah yang dapat memberikan kontribusi nyata untuk pertumbuhan ekonomi.

“Upaya-upaya ini dilakukan lewat kegiatan bulan peduli sampah nasional selama Februari melalui ragam kegiatan peduli sampah yang dilaksanakan pemerintah daerah, dunia usaha, dan elemen masyarakat,” jelasnya.

Salah satu upaya yang digencarkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang adalah dengan menggandeng masyarakat melalui upaya pilah sampah.

Halaman
123
Penulis: AMALIA PURNAMA SARI
Editor: AMALIA PURNAMA SARI
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved