Breaking News:

Kumpulan Doa

Amalan-amalan yang Bisa Dilakukan Jika Ingin Dapat Pahala Mengalir Terus Meski Sudah Meninggal

Satu di antara amal yang dianjurkan dilakukan adalah amal jariyah. Amal yang tidak terputus pahalanya meski telah tiada.

Red Letter Me
Ilustrasi bersedekah - Amalan-amalan yang Bisa Dilakukan Jika Ingin Dapat Pahala Mengalir Terus Meski Sudah Meninggal 

TRIBUN-MEDAN.com - Ingin dapat pahala mengalir terus meski telah meninggal, Ini amalan - Amalan yang Bisa dilakukan

Satu di antara amal yang dianjurkan dilakukan adalah amal jariyah.

Amal yang tidak terputus pahalanya meski telah tiada.

Dikutip dari Nahlatul Ulama, NU Online ada pria yang menanyakan tentang amalan yang tak putus-putus pahalanya bahkan sampai orang itu meninggal.

Assalamualaikum, Pak Kiai, mohon panjelasannya, amal apa saja yang bisa digolongkan sebagai amal jariyah (perbuatan/sedekah yang pahalanya tidak putus-putus)? Apakah hanya wakaf masjid saja? Sukron. (Muhammad Khotami)

Jawaban

Istilah “amal jariyah” mungkin hanya dapat dijumpai di Indonesia, mengigat dalam bahasa induknya (Bahasa Arab), susunan kata ini tidak lazim bahkan dapat dikatakan tidak tepat penggunaannya.

Istilah shadaqah jariyah/ sedekah jariyah dengan arti sedekah (berderma) yang masih mengalir pahalanya kepada si pelaku meskipun ia telah tiada.

Rasulullah menjelaskan bahwasannya diantara amal yang tidak terputus (pahalanya) meskipun si pelaku telah meninggal dunia adalah sedekah jariyah.

Hadis Rasulullah saw ini selain diriwayatkan oleh imam Muslim, juga diriwayatkan oleh Abu Dawud, At-Tirmidzi dan tidak menutup kemungkinan para perawi hadis yang lain.

Halaman
123
Editor: Azis Husein Hasibuan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved