Breaking News:

Buka MTQ Ke-54, Bupati Ashari Ajak Peserta Membumikan Al Quran

Bupati Ashari berharap MTQ yang digelar secara rutin tiap tahun dapat memberikan pemahaman mendalam kepada masyarakat tentang Al Quran.

DOK. Humas Pemkab Deli Serdang
Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan saat membuka MTQ ke-54 tingkat Kabupaten Deli Serdang di Aula Pondok Pesantren Mawaridussalam, Desa Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis, Senin (22/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan mengatakan, Al Quran merupakan sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan yang tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji.

Menurutnya, keluhuran nilai-nilai dalam Al Quran sebagai pedoman dan pandangan hidup perlu terus ditumbuhkembangkan melalui proses pendidikan, baik formal maupun nonformal.

“Atas dasar itulah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) digelar secara rutin setiap tahun bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, sekaligus pengamalan isi dan kandungan tersurat maupun tersurat dalam kitab suci Alquran,” ujarnya.

Dia mengatakan itu saat membuka MTQ ke-54 tingkat Kabupaten Deli Serdang di Aula Pondok Pesantren Mawaridussalam, Desa Tumpatan Nibung, Kecamatan Batang Kuis, Senin (22/2/2021).

Untuk itu, lanjut Ashari, hendaknya kegiatan MTQ tersebut tidak dijadikan sebagai wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al Quran semata.

“Lebih dari itu, harus membumikan Al Quran sekaligus memberikan pemahaman mendalam kepada masyarakat, khususnya umat Islam agar lebih memahami isi kandungan serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” pintanya seperti keterangan tertulisnya, Selasa (23/2/2021).

Ashari juga mengingatkan, saat ini bangsa dan negara, termasuk Kabupaten Deli Serdang, tengah dilanda pandemi Covid-19.

Dengan kondisi tersebut, Ashari mengimbau, penyelenggaran MTQ ke-54 harus disikapi secara arif dan bijaksana, sehingga tidak mengurangi makna acara.

“Untuk itu, saya berpesan kepada semua pihak, khususnya panitia dan peserta, untuk tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan (prokes), sehingga penyelenggaraan MTQ ke-54 Kabupaten Deli Serdang ini dapat terlaksana dengan aman, lancar, dan sukes,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Deli Serdang Zakky Shahri mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung dan menyemarakan MTQ ke-54 yang akan berlangsung selama lima hari tersebut.

Halaman
123
Penulis: Inang Jalaludin Shofihara
Editor: AMALIA PURNAMA SARI
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved