Breaking News:

Terbukti Korupsi Pembangunan Tanggul Sei Padang, Samsul Pikir-pikir Divonis 22 Bulan Penjara

Selain pidana penjara, majelis hakim yang diketuai oleh Immanuel Tarigan   juga menghukum terdakwa untuk membayar denda sebesar Rp 50 juta.

TRIBUN MEDAN/GITA NADIA
SIDANG vonis terdakwa Samsul di Ruang Cakra VIII Pengadilan Tipikor Medan, Senin (22/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Terbukti melakukan korupsi kegiatan lanjutan pembangunan tanggul Sei Padang, Wakil Direktur I CV Safitri Samsul dihukum selama 1 tahun 10 bulan (22 bulan).

Selain pidana penjara, majelis hakim yang diketuai oleh Immanuel Tarigan   juga menghukum terdakwa untuk membayar denda sebesar Rp 50 juta.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Samsul dengan pidana penjara selama 1 tahun dan 10 bulan, denda Rp 50 juta, subsider dua bulan kurungan," kata majelis hakim yang diketuai Immanuel Tarigan di Ruang Cakra VIII Pengadilan Tipikor Medan, Senin (22/2/2021).

Dalam pertimbangan majelis hakim, perbuatan terdakwa tidak mendukung dalam program pemerintah dalam memberantas korupsi. 

Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum dan mengakui perbuatannya.

"Perbuatan terdakwa terbukti melanggar Pasal 3 ayat (1) Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana," pungkas hakim Immanuel.

Usai membacakan putusan, majelis hakim memberikan waktu selama tujuh hari untuk keduanya menyatakan sikap. 

"Pikir-pikir, majelis," ucap terdakwa.

Putusan itu lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Candra Syahputra yang menuntut terdakwa Samsul dengan pidana penjara selama 2 tahun 6 bulan.(cr21/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved