Breaking News:

Kegiatan Ekonomi Berangsur Pulih, Bank Indonesia Perkiraan Inflasi 2021 Meningkat

Tahun ini daya beli masyarakat diprakirakan membaik karena lapangan kerja yang kembali normal.

TRIBUN MEDAN/SEPTRIMA
KEPALA Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Soekowardojo (tengah) dalam Bincang Bareng Media, Selasa (23/2/2021). Bank Indonesia memperkirakan inflasi Sumatera Utara secara keseluruhan tahun 2021 akan meningkat. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Bank Indonesia memperkirakan inflasi Sumatera Utara secara keseluruhan tahun 2021 akan meningkat. Hal ini didorong mulai pulihnya kegiatan ekonomi masyarakat akibat kondisi pandemi yang membaik.

Meskipun pada awal tahun 2021, Sumatera Utara diawali dengan penurunan tekanan inflasi, namun tahun ini daya beli masyarakat diprakirakan membaik karena lapangan kerja yang kembali normal dan kapasitas produksi yang berangsur menuju optimal.

"Prakiraan ini sebaiknya perlu menjadi perhatian kita semua, sehingga kebijakan pengendalian inflasi yang ditempuh akan terus fokus terhadap tiga upaya pengendalian inflasi," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Soekowardojo dalam Bincang Bareng Media, Selasa (23/2/2021). 

Adapun tiga fokus upaya pengendalian inflasi yang dapat dilakukan oleh TPID Provinsi Sumatera Utara adalah perbaikan infrastruktur pendukung, membangun neraca pangan daerah, dan mengoptimalkan intervensi pemerintah.

"Perbaikan infrastruktur dilakukan untuk mendukung stabilitas harga dan produksi khususnya saat panen raya. Dalam hal ini, TPID melakukan penguatan BUMD Pangan untuk mendorong Kerjasama Antar Daerah (KAD) dalam pemenuhan kebutuhan pangan daerah," ungkapnya. 

Selain itu juga dilakukan penyediaan CAS untuk sarana penyimpanan komoditas yang mudah rusak dan mengoptimalkan SRG untuk sarana tunda jual saat harga komoditas rendah dan membantu permodalan petani. 

Terkait dengan pembangunan neraca pangan daerah, TPID melakukan update data produksi, kebutuhan, dan stok/ketersediaan oleh Dinas TPH dan Ketapang tiap kab/kota. Sumber pengambilan keputusan strategis adalah tiap kab/kota dalam pemenuhan kebutuhan pangan 
daerah.

"Harga komoditas pertanian saat ini relatif rendah, di tengah permintaan yang belum maksimal di masa pandemi.  Untuk itu TPID juga mengoptimalkan intervensi pemerintah termasuk melalui BUMD pangan, alokasi APBD untuk peningkatan stimulus ekonomi, dan integrasi dan sharing anggaran Pemprov dan Pemkab/Pemkot," katanya. 

Pada awal tahun 2021, Sumatera Utara tercatat mengalami penurunan tekanan inflasi dibandingkan tahun 2020. Penurunan terjadi di beberapa kelompok, terutama deflasi pada kelompok dengan andil terbesar yaitu kelompok makanan, minuman, dan tembakau.

Deflasi bersumber dari kelompok volatile food komoditas cabai merah dan bawang merah. 

Sementara itu, penurunan lebih lanjut tertahan oleh peningkatan tekanan inflasi beberapa kelompok, terutama kelompok kesehatan dan penyediaan makanan dan minuman/restoran seiring dengan permintaan masyarakat yang tinggi terhadap produk kesehatan seperti masker dan mulai kembali meningkatnya konsumsi masyarakat terhadap makanan dan minuman.

"Pada Januari 2021, Sumatera Utara tercatat inflasi sebesar 0,45% (mtm), turun dari bulan sebelumnya yang mencapai 0,75% (mtm). Secara spasial, seluruh Kota IHK mengalami penurunan inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Pematangsiantar sebesar 1,13% (mtm) diikuti oleh Gunung Sitoli sebesar 1,08% (mtm)," katanya. 

Inflasi bersumber dari kelompok makanan, minuman, dan tembakau terutama komoditas aneka ikan. Curah hujan yang tinggi menurunkan aktivitas melaut nelayan sehingga pasokan berbagai ikan berkurang. 

"Pasokan cabai merah yang melimpah mendorong penurunan harga secara keseluruhan. Di sisi lain, inflasi lebih lanjut juga tertahan oleh penurunan harga emas perhiasan sejalan dengan penurunan emas global," pungkasnya. (sep/tribun-medan.com)

Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved