Breaking News:

Update Covid19 Sumut 24 Februari 2021

RSUP Adam Malik Segera Jadwalkan Vaksinasi Untuk Ibu Menyusui, Komorbid, dan Penyintas

Pelaksanaan vaksinasi di RSUP Adam Malik bagi tiga kelompok yang tertunda, yakni komorbid, penyintas Covid-19, dan ibu menyusui, segera dijadwalkan

Penulis: Kartika Sari | Editor: Juang Naibaho
TRIBUN MEDAN/VICTORY
PARA tenaga kesehatan yang mengikuti Pekan Vaksinasi Covid-19 Sumut mendapat tanggapan positif yang diadakan, Rabu (10/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pelaksanaan vaksinasi di RSUP Adam Malik bagi tiga kelompok yang tertunda, yakni komorbid, penyintas Covid-19, dan ibu menyusui, sudah mendapat restu dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

RSUP Adam Malik akan segera melakukan penjadwalan bagi tiga kelompok tersebut.

"Yang menyusul ini yang keluar edaran terakhir dari Kemenkes yang memperbolehkan ibu menyusui, komorbid, dan penyintas dengan kriteria tertentu. Itu yang sedang kita susul karena ada nakes kita yang masuk ke golongan itu," ungkap Humas RSUP Adam Malik, Rosario Simanjuntak, Rabu (24/2/2021).

Rosario juga menuturkan bahwa pelaksanaan vaksin di RS HAM hingga saat ini masih dikhususkan untuk vaksinasi nakes yang masuk kategori tertunda.

"Untuk Vaksinasi masyarakat umum kita belum dulu, kita masih fokus untuk menyelesaikan nakes kita yang vaksinnya tertunda. Tiga kelompok itukan sebelumnya belum diizinkan. Nah edaran dari Kemenkes kan sudah diperbolehkan. Kita lagi akan menyelesaikan ini dulu," ujarnya.

Terkait penjadwalan, Rosario belum dapat memastikan jadwal pasti lantaran harus menunggu kabar untuk penjemputan vaksin dari Dinkes.

Setelah itu, baru akan dijadwalkan vaksinasi kepada tiga kelompok tertunda.

"Ini baru akan dimulai karena jumlah vaksinnya itu terbatas dan pengiriman dari Dinkes terbatas. Kita sudah menjadwal tapikan kita menyesuaikan dengan ketersedian vaksin," tutur Rosario.

"Kita tunggu vaksinnya dikirim saja dari Dinkes. Begitu vaksin dijemput, langsung kita adakan. Karena percuma saja kita buat jadwal tapi vaksinnya belum ada. Jadi kita tunggu kabar dari Dinkes, kalau vaksinnya sudah dijemput langsung kita adakan," tambahnya.

Terkait vaksinasi ini, Rosario turut mengajak masyarakat untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19.

"Mari kita sukseskan Vaksin Covid-19 ini. Ini program yang bagus untuk menciptakan herd immunity di tengah masyarakat. Sudah terbukti vaksin ini aman dan tingkat KIPI juga sangat rendah agar wabah Covid bisa segera selesai," pungkasnya.

(cr13/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved