Breaking News:

Tren Marketing Bisnis dan Branding Unik di Masa Pandemi Covid-19

Orang Indonesia menyadari bahwa memulai bisnis sekunder atau bisnis rumahan dapat menguntungkan, terutama pada saat ketidakpastian.

mix.co.id
Strategi Pemasaran 

TRIBUNMEDAN.ID, MEDAN - Kegiatan bisnis dan komersial telah mengalami perkembangan yang signifikan di seluruh Indonesia sejak awal Covid-19. Konsumen menjadi lebih pintar untuk berinteraksi dan memilih merek. Mereka tidak ragu untuk menjual produk atau mempromosikan kegiatan online sekunder mereka.

Semakin banyak orang tertarik untuk membuka bisnis online di negara ini. Orang Indonesia menyadari bahwa memulai bisnis sekunder atau bisnis rumahan dapat menguntungkan, terutama pada saat ketidakpastian.

Bukan hanya kelompok millennial, generasi X dan baby boomer yang berpenghasilan online. Tetapi juga, termasuk generasi Z dari negara ini yang telah dilahirkan secara digital dan memiliki preferensi dan kebiasaan sendiri, serta kekuatan untuk membeli lebih kuat. Tahun ini, interaksi dan pengecer mereka dengan cepat pindah ke jalan online.

Konsumen Indonesia masih aktif melakukan belanja , tetapi mereka memilih untuk tinggal di rumah dan memesan secara online. Mereka juga ingin membeli dengan cepat, aman dan nyaman. "Pengiriman bebas kontak" telah mengalami peningkatan yang signifikan dalam kueri pencarian di Indonesia sebagai upaya untuk meminimalkan interaksi tatap muka karena pandemi virus corona.

Pada tahun 2020, minat pembelian perabot di Indonesia telah meningkat pesat karena semakin banyak orang bekerja di rumah.

Poin-poin penting berikut ini bisa membantu anda membangun merek/brand bisnis yang unik:

1. Hadir untuk pelanggan Anda. Konsumen online bukan hanya sebagai pembeli, tetapi juga penjual. Merek harus merangkul semangat kewirausahaan Indonesia dan menjangkau usaha mikro yang modalnya kurang dari satu milyar Rupiah, serta omset maksimal dua milyar rupiah setahun. Tunjukkan kepada konsumen yang menekankan bahwa kita semua bekerja bersama untuk membangun kehadiran merek. Misalnya: Tokopedia mendukung ekonomi lokal Indonesia melalui kampanye #JAGAEKonomiIndonesia dengan mendorong masyarakat untuk memulai bisnis pada platform-nya.

2. Memahami pelanggan dan memenuhi permintaan mereka. Pembeli sekarang cerdas dan memiliki harapan yang tinggi. Mereka menginginkan fungsionalitas belanja yang canggih dan mencari merek yang menyajikan proposisi nilai atau memberikan nilai yang lebih tinggi. Raih mereka dengan melakukan pembelian online yang nyaman, menawarkan sejumlah opsi pembayaran dan pengiriman gratis yang touchless.

Misalnya, Grab dan Gojek beradaptasi selama pandemi. Grab memberikan pilihan pengiriman tanpa kontak pada Grabfood dan GrabExpress layanan untuk meminimalkan kontak fisik, sementara Gofood menambahkan opsi respons cepat ke aplikasi sehingga pengguna dapat melihat lokasi pembelian dan inspeksi. Suhu tubuh pengemudi untuk memastikan keamanan pelanggan.

3. Investasikan pada kreasi konten. Ketika konsumen adalah melakukan belanja produk baru secara online, mereka sangat menghargai konten informatif. Buat konten untuk membantu mereka memilih produk dan layanan, dan setelah pembelian, berikan tips menggunakan produk atau layanan.

Kuncinya adalah menjadi proaktif, pastikan untuk bertindak langsung dengan memonitor kembalinya modal investasi iklan dengan membuat halaman arahan atau situs anda sendiri. Tipsnya supaya menyiapkan kampanye belanja Google dengan deskripsi dan informasi berguna tentang produk Anda, untuk memfasilitasi pengguna ketika mereka ingin melakukan pembelian.

Ayo bangun Brand Bisnis dan Marketing Digital anda yang bernilai dengan tips di atas.

Penulis (Dr. Hendra) adalah Dosen Manajemen Pemasaran Internasional dari Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia dan Exclusive Facilitator Trainer dari MarkPlus Institute.
Penulis (Dr. Hendra) adalah Dosen Manajemen Pemasaran Internasional dari Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia dan Exclusive Facilitator Trainer dari MarkPlus Institute. (IST)
Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved