Breaking News:

Siantar Terlempar dari Deretan Kota Toleran, Setara Institute: Kriminalisasi Nakes Jadi Penyebabnya

Dalam laporan ini, Kota Bekasi, Bogor dan Jakarta yang mengalami peningkatan dalam menjalankan nilai nilai keberagaman. 

Tribun-Medan.com/Alija Magribi
Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah Noor bersama Kapolres Siantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar saat menampung aspirasi pengunjuk rasa, Senin (5/10/2020) di Lapangan Adam Malik Pematangsiantar. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Wajah Kota Pematangsiantar, sebagai satu dari sekian kota dengan toleransi tertinggi di Indonesia mulai terkikis.

Teranyar, dari Laporan Indeks Kora Toleran (IKT) yang dikelurkan Setara Institute, tak ada nama Kota Pematangsiantar di dalamnya.

Dari Laporan Indeks Kota Toleran yang dikeluarkan Setara Institute, tahun 2020, bahwa Kota Salatiga menjadi kota paling bertoleransi di Indonesia dengan skor 6,717.

Kota Salatiga bertengger di atas, sementara Kota Pematangsiantar terdegradasi dari daftar tersebut.

Laporan itu dirilis Setara Institute pada Kamis 25 Februari 2021.

Laporan ini adalah yang keempat kali sejak studi berjalan sejak 2015 lalu. Studi terkait Indeks Kota Toleran dilaksanakan sepanjang 2020 di 94 kota dari 98 kabupaten di Indonesia. 

Terdapat 8 indikator dalam metodologi penelitian yang digunakan dengan metode triangulasi yang membandingkan data yang diperoleh  dengan data sekunder dan self assessment masing-masing pemerintah kota.

Delapan indikator yang dinilai adalah RPJMD, kebijakan Pemkot tentang toleransi, peristiwa intoleransi, dinamika masyarakat, pernyataan kepada publik, tindakan nyata pemerintah, demografi atau heterogenitas agama, dan inklusi sosial keagamaan. 

Wakil Ketua Badan Pengurus Setara Institute Bonar Tigor Naipospos menyampaikan, pihaknya sudah melakukan studi terkait toleransi ini sebanyak 4 kali pada 2015, 2017, 2018, dan 2020.

Seiring waktu banyak terjadi dinamika tindakan intoleransi yang cukup tinggi dibeberapa kota.

Halaman
123
Penulis: Alija Magribi
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved