Breaking News:

Masuk Musim Kemarau, Dinas Pertanian Karo Arahkan Petani Perbanyak Penggunaan Pupuk Kompos

Penggunaan pupuk ini dapat berfungsi untuk menjaga kelembapan dan unsur tanah di lahan pertanian.

TRIBUN MEDAN/M NASRUL
KEPALA Dinas Pertanian dan Peternakan Karo, Matehsa K Purba. 

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Dinas Pertanian dan Peternakan (Disternak) Kabupaten Karo mengarahkan kepada petani agar memperbanyak penggunaan pupuk kompos untuk mencukupi nutrisi tanaman milik petani

Kepala Disternak Karo, Matehsa K Purba mengatakan, penggunaan pupuk ini dapat berfungsi untuk menjaga kelembapan dan unsur tanah di lahan pertanian.

"Untuk menjaga di masa kemarau seperti saat ini sebaiknya penggunaan pupuk kompos diperbanyak untuk menjaga kelembapan tanah," ujar Matehsa, Senin (1/3/2021).

Matehsa menjelaskan, memang tidak semua jenis tanaman memerlukan penyiraman secara intensif.

Namun, di masa kemarau dengan kondisi tanah yang jarang terkena guyuran hujan tentunya lama-kelamaan akan kekurangan kadar air.

Dengan itu, dari unsur-unsur yang dimiliki pupuk kompos diharapkan dapat membantu menjaga pasokan air bagi tanaman tersebut.

"Kalau yang ada irigasi memang biasanya menggunakan sprinkle atau alat yang berputar untuk menyirami tanaman. Kalau yang tidak ada, ya kita harus menyiasatinya dengan penggunaan kompos," katanya.

Dirinya menjelaskan, selain untuk mempertahankan kelembapan tanah pengguna pupuk kompos juga dapat membantu meringankan dan membiasakan petani agar tidak selalu menggunakan pupuk kimia untuk pertumbuhan tanamannya.

Dirinya mengatakan, memang saat ini hampir seluruh petani sudah terbiasa menggunakan pupuk kimia untuk perkembangan dan mempercepat pertumbuhan tanamannya.

"Ya kita juga harus membiasakan supaya lebih sering menggunakan pupuk organik. Sebaiknya memang pupuk organik itu menjadi yang utama, sementara pupuk kimia itu digunakan hanya untuk merangsang pertumbuhan tanaman saja," pungkasnya. (cr4/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved