Update Covid19 Sumut 1 Maret 2021

Persiapan Sekolah Tatap Muka, Ratusan Siswa SMAN 3 Medan Rutin Ikuti Swab Test

Kalau yang lalu ada beberapa siswa. Dari sekian ratus ada 5 persen yang ditest dinyatakan positif Covid-19.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Royandi Hutasoit
Kartika / Tribun Medan
Siswa saat mengikuti swab test dengan pengambilan sampel cairan melalui hidung di lapangan SMAN 3 Medan, Senin (1/3/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com - Seratusan siswa antusias mengikuti swab test PCR di lapangan SMA Negeri 3 Medan, Senin (1/3/2021).

Amatan tribun-medan.com, tampak beberapa petugas dari Fakultas Kedokteran (FK) USU melakukan pengambilan sampel melalui hidung yang diikuti para siswa maupun guru secara bergilir.

Swab test hari ini memasuki gelombang kedua yang sebelumnya sudah dilakukan pada hari Jumat (26/2/2021) lalu.

Berdasarkan informasi dari Wakil Kepala SMAN 3 Medan bidang Humas, Siti Zulfa mengungkapkan bahwa swab test ini diharapkan diikuti oleh 400 orang baik siswa maupun guru. 

"Hari ini kita jadwalkan kelas 10 dan kelas 11 dan kita harapkan sekitar 400an anak diharapkan datang. Cuma lihat kondisi, ada anak yang mungkin kondisinya kurang sehat dan orang tuanya tidak mengizinkan untuk swab ya kan kita tidak bisa paksa. Ekspetasi kita 400an orang karena guru juga ada hari ini yang ikut," ungkap Zulfa.

Siswa yang mengikuti swab test ini cukup membawa Kartu Keluarga dan melakukan pendaftaran di gedung aula. Nantinya para siswa akan melakukan screening awal dan akan menuju pos pengambilan sampel di pinggir lapangan sekolah.

Berlangsung selama dua hari, Zulfa menuturkan antusias siswa cukup tinggi dan kooperatif untuk mengikuti swab test di sekolah.

"Siswa dan guru termasuk kooperatif mengikuti swab test ini. Karena siswa kelas 12 yang ikut di hari Jumat kita anggap kooperatif. Namun karena bertepatan saat ujian semester mereka agak terlambat datang tapi mereka cukup tanggap untuk ikut swab ini," ujarnya.  

Swab test hari ini bukan kali pertama dilakukan. saat ada wacana pembelajaran tatap muka pada Januari 2021 lalu, SMAN 3 Medan telah melakukan persiapan dengan melakukan swab PCR pada akhir Desember 2020 lalu.

"Pelaksanaan swab test pertama lalu dilakukan tujuannya saat ada info masuk sekolah itu. Tapi karena situasi masih belum memungkinkan, sekolah masih tetap dalam pembelajaran daring. Jadi swab kali ini sebagai screening lanjutan setelah swab pertama apakah ada peningkatan atau penurunan," tuturnya.

Lanjutnya, Zulfa menuturkan bahwa pelaksanaan swab test ini dilakukan juga dapat menjadi data sekolah jika nantinya wacana pembelajaran tatap muka dilaksanakan pada Juli mendatang.

"Kalau kita lakukan swab seperti ini kita bisa tahu jika wacana sekolah bulan Juli diselenggarakan, ini sudah bisa menjadi data yang akurat untuk kita. Dan untuk guru-guru jika ada persiapan untuk divaksin ini akan sangat membantu," tambah Zulfa.

Deteksi Siswa yang Terinfeksi Covid-19

Swab PCR di SMAN 3 Medan ternyata ampuh untuk screening para siswa yang tidak mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah. 

Terbukti, dari hasil swab pertama, SMAN 3 Medan mendapatkan 5 persen dari peserta yang mengikuti swab test positif Covid-19. Dari hasil tersebut ada beberapa guru dan siswa yang harus menjalani isolasi mandiri.

"Kalau yang lalu ada beberapa siswa. Dari sekian ratus ada 5 persen yang ditest dinyatakan positif Covid-19. Jadi kalau yang ini peserta kita utamakan yang lalu. Kita tetap follow up dari swab yang lalu," ucap Zulfa.

Tambahnya, Zulfa juga berharap melalui swab test ini dapat meningkatkan kepedulian para siswa untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi saat ini.

"Harapannya anak-anak kita sehat semua. Kita harapkan keperdulian mereka ini bisa menjaga kesehatan pribadi dan menjaga lingkungannya juga. Dari sini kan terpantau anak-anak juga apakah sering keluar kota atau tidak karena di dalam kuisioner ada pertanyaan untuk itu," pungkasnya.

(cr13/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved