Breaking News:

Polisi Berprestasi, Kapolsek AKP Janpiter, Karateka Peraih Emas PON Hingga Melatih Tanpa Bayaran

Kapolsek Percut Sei Tuan AKP Janpiter Napitupulu memiliki segudang prestasi di cabor karate. Ia pernag meraih medali emas di PON 2004.

Istimewa
Kapolsek Percut Sei Tuan, AKP Janpiter Napitupulu saat mengenakan baju karate untuk melatih di dojonya. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sosok polisi kerap menjadi pembahasan di tengah masyarakat. Di Sumut ada satu polisi yang memiliki prestasi yang gemilang di kancah olahraga.

Namanya, Janpiter Napitupulu, seorang perwira polisi dengan pangkat AKP ini merupakan karateka yang menorehkan prestasi tingkat internasional. AKP Janpiter yang kini menjabat sebagai Kapolsek Percut Sei Tuan memiliki segudang prestasi di cabor karate.

AKP Janpiter kelahiran Siborongborong, 15 November 1974 mengungkapkan mulai menggeluti karate pada usia 15 tahun. Dengan modal didikan aliran KKI, Janpiter memulai dengan kejuaraan daerah.

Prestasi Janpiter semakin melejit dengan lolos menjadi atlet yang membawa nama Provinsi Sumut di PON 2004 di Palembang. Tidak tanggung, bapak dengan tiga anak ini berhasil menyabet medali emas.

Lepas dari itu, Janpiter mengikuti beberapa kejuaraan internasional seperti kejuaraan di Philipina, Spanyol, dan sea games di Vietnam dengan membawa pulang medali perunggu.

Dia juga pernah mendapatkan dilema yang mengharuskan memilih satu dari dua pilihan pada tahun 2008. Di mana, saat itu mendapatkan tiket mengikuti PraPON untuk tiga kelas. Di lain sisi,, dirinya juga mendapat kesempatan untuk melanjutkan sekolah perwira dari institusi.

Kapolsek Percut Sei Tuan
Kapolsek Percut Sei Tuan (Tribun Medan)

"Itu merupakan pilihan yang berat bagi saya. Namun tetap saya berusaha untuk memikirkan mana yang akan saya pilih. Saat itu, saya kordinasi dengan istri dan memutuskan untuk memilih sekolah perwira. Karena saya juga merupakan anggota Polri yang harus bisa menjadi seorang perwira. Dan akhirnya saya memutuskan untuk memilih sekolah," kenangnya.

Atas pilihan berat itu, ia langsung memutuskan memberikan kesempatan bertanding di Kalimantan kepada junior. "Ini juga bertujuan agar mereka bisa menambah pengalaman dengan mengikuti pertandingan di tingkat nasional," ujarnya.

Sukses menjadi atlet, Janpiter membagikan pengalaman dengan membuka dojo untuk melatih para remaja dan dewasa. Prestasinya sebagai pelatih juga cukup gemilang. Ia pernah membawa pulang empat medali emas, tiga medali perak dan empat medali perunggu saat membawa anak didik di PON XVIII Riau tahun 2012.

Kapolsek Percut Sei Tuan ini pun sangat getol dalam bidang olahraga. Karena, baginya, dengan berolahraga bisa memacu seseorang untuk meningkatkan mental dan disiplin yang bagus.

Baca juga: Kasus Ibu Ancam Anak Pakai Pisau, Polisi Sebut Sudah Ada Laporan Polisi

Baca juga: AKSI Polisi Koboi dari Binjai, Mengamuk saat Ditagih Pembayaran Tuak, Lepaskan Tembakan 2 Kali !

Halaman
12
Penulis: Sofyan akbar
Editor: Tommy Simatupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved