Breaking News:

PPnBM Diberlakukan, Diler Nissan di Medan Belum Alami Lonjakan Pembelian

GM Nissan Datsun Medan, Oey Denny mengatakan, diberlakukannya PPnBM 0 persen tersebut tidak begitu berpengaruh terhadap penjualan mobil Nissan Livina

PT Nissan Motor Indonesia
Nissan Livina Sporty Package (NMI) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah resmi memberlakukan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) nol persen untuk mobil baru mulai hari ini, Senin (1/3/2021).

Aturan tersebut tertuang dalam Kepmenperin Nomor 169 tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor dengan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditangguhkan oleh Pemerintah pada Tahun Anggaran 2021.

Sebanyak 21 jenis mobil berbagai merek bisa turun harga hingga puluhan juta rupiah karena insentif pajak PPnBM 0 persen. Salah satu jenis mobil yang mendapatkan diskon tersebut adalah Nissan Livina.

GM Nissan Datsun Medan, Oey Denny mengatakan, diberlakukannya PPnBM 0 persen tersebut tidak begitu berpengaruh terhadap penjualan mobil Nissan Livina pada hari pertama.

"Kalau sekarang sih enggak ada yang signifikan ya. Masih biasa-biasa aja, normal-normal ada, gak ada yang menanjak naik atau banyak yang ambil unit baru. Belum ada sih," katanya, Senin (1/3/2021).

Oey Denny mengatakan, hari pertama diberlakukannya PPnBM 0 persen tersebut, penjualan Nissan Livina masih normal.

Ia mengatakan, diberlakukannya PPnBM 0 persen di Nissan tidak begitu berpengaruh. Hal ini lantaran Nissan hanya satu tipe mobil saja yang mendapatkan PPnBM 0 persen tersebut.

"Kalau di Nissan rasanya tidak begitu berpengaruh ya, karena kita kan hanya mendapatkan satu tipe saja ya, bukannya banyak. Cuma Livina saja," ujarnya.

Kendati demikian, Oey Denny belum bisa menyebutkan penurunan harga setelah diberlakukannya PPnBM 0 persen tersebut.

Hal ini lantaran Nissan masih akan menghabiskan produksi tahun 2019 dan 2020, sehingga produksi tahun 2021 belum dipasarkan.

"Kalau untuk Livina sendiri kita memang belum keluar untuk yang 2021. Yang kita konsen sekarang adalah habiskan unit 2019 dan 2020," katanya.

Setelah diberlakukannya PPnBM 0 persen tersebut, Oey Denny mengatakan, meskipun Nissan tidak berdampak secara langsung, namun ia berharap daya beli masyarakat semakin meningkat.

Sehingga perekonomian di Indonesia segera kembali pulih.

(yui/Tribun-medan.com)

Penulis: Liska Rahayu
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved