Breaking News:

Warga Siantar Antusias Bertanya Soal DP Mobil Baru 0 Persen dan PPnBM

Kriteria PPnBM itu ada beberapa poin, salah satunya mobil di bawa 1500CC. Kita ada lima varian; Toyota Rush, Yaris, Avanza, Vios dan Sienta.

TRIBUN MEDAN/ALIJA
ASMAN Prasetya menunjukkan varian Toyota Yaris, salah satu kendaraan yang termasuk dalam daftar PPnBM oleh pemerintah, Senin (1/3/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Sejumlah sales marketing dealer mobil di Kota Pematangsiantar mengaku animo masyarakat begitu tinggi menyambut program Down Payment (DP) 0 persen dan program Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang dimulai Senin (1/3/2021) hari ini.

Sales Executive Dealer Toyota Kantor Cabang Pematangsiantar, Asman Prasetya menuturkan, hari ini (Senin), pihaknya mulai mendapat banyak pertanyaan dari calon konsumen soal program relaksasi dari pemerintah itu.

"Kalau hari ini, udah banyak pertanyaan. Luar biasa pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat. Cuma memang program DP 0 persen itu, SK-nya di kita belum ada keluar. Jadi belum kita terapkan," ujar Asman, Senin (1/3/2021)

Asman menjelaskan, SK Down Payment belum diterima. Namun untuk program pembelian kendaraan roda dua dengan memanfaatkan PPnBM sudah bisa dimanfaatkan masyarakat untuk membeli kendaraan baru. Lima varian Toyota sendiri masuk ke dalam kendaraan PPnBM.

"Kriteria PPnBM itu ada beberapa poin, salah satunya mobil di bawa 1500CC. Kita ada lima varian; Toyota Rush, Yaris, Avanza, Vios dan Sienta," katanya.

Sebagai contoh, ujar Asman, bila harga On The Road (OTR) Toyota Rush TRD Sportivo adalah Rp 275.750.000, maka dengan adanya PPnBM harganya dipotong menjadi Rp 255.750.000. Kemudian pembeli mendapat potongan lagi dari dealer.

"Untuk diskon dealer Rush di Sumut Rp 6 juta. Jadi banyak potongan," katanya seraya menyebut program pemerintah ini wajib hukumnya dipromosikan ke masyarakat.

"Saat ini, permintaan untuk Toyota Rush di Siantar mencapai 20 unit lebih. Varian mobil ini memang sedang tren. Kemudian ditambah program PPnBM, makin tinggi permintaannya," tambahnya.

Asman menyebut, bagi masyarakat yang ingin bertanya lebih lanjut terkait pembelian mobil dengan program ini, bisa mengunjungi langsung dealer Toyota yang berlokasi di Jalan Medan, Km 2,8, Kelurahan Sumber Jaya, Kota Pematangsiantar.

Sementara itu, Sales Marketing Dealer Daihatsu yang berlokasi di Jalan Medan, Km VI, Simpang Karang Sari, Sonny Sembiring mengakui hal serupa. Animo masyarakat yang bertanya tinggi pascakabar program pembelian mobil DP 0 persen dan PPnBM.

"Animo masyarakat ke kita sudah banyak ya. Tapi untuk realisasi DP 0 persen belum ada realisasinya. Sementara PPnBM sudah sedari jauh hari kita sosialisasikan ke masyarakat," katanya.

Dirinya mengaku masih menunggu arahan pimpinan perusahaan untuk menyosialisasikan program pembelian mobil baru dari pemerintah ke masyarakat.(alj/tribun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved