Breaking News:

Sinabung Kembali Erupsi Besar

Abul Vulkanik Gunung Sinabung Sampai ke Provinsi Aceh

Pascaerupsi Gunung Sinabung yang terjadi pada Selasa (2/3/2021), abu vulkanik juga dirasakan di sejumlah wilayah Provinsi Aceh.

Nasrul / Tribun Medan
Gunung Sinabung kembali mengalami aktivitas awan panas guguran, pada Selasa (2/3/2021). 

Erupsi Sinabung, Dampak Abu Vulkanik Dirasakan Sejumlah Wilayah di Provinsi Aceh

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pascaerupsi Gunung Sinabung yang terjadi pada Selasa (2/3/2021), abu vulkanik juga dirasakan di sejumlah wilayah Provinsi Aceh.

Informasi yang berhasil dihimpun Tribun Medan, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar, Zakaria Ahmad mengatakan, bahwa dampak abu vulkanik Gunung Sinabung juga sampai ke Provinsi Aceh.

"Bila dilihat dari foto satelit diperkirakan debu vulkanik sudah mulai menyeberang atau sampai ke Provinsi Aceh," ujarnya, Selasa (2/3/2021).

Informasi tambahan yang dihimpun dari Koordinator Stasiun Meteorologi Kelas I Kualanamu, tinggi kolom abu vulkanik mencapai 1.000 meter dengan arah gerak ke Barat hingga Selatan, terpantau pada pukul 09.49 WIB tadi.

"Abu vulkanik sudah mulai terdampak ke wilayah Kabupaten Aceh Tenggara, dan sudah meluas ke wilayah Kabupaten Aceh Selatan," ujar Zakaria.

Sementara, untuk mengurangi dampak abu vulkanik, BMKG Kelas I Aceh Besar mengimbau masyarakat di wilayah Aceh Tenggara dan Aceh Selatan yang mulai terpapar, agar menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

"Jikapun harus keluar rumah maka jangan lupa memakai masker, memakai kaca mata, menutup tempat makanan dan air untuk konsumsi," imbaunya.

Untuk data yang dihimpun, di Kabupaten Karo sendiri, abu vulkanik telah berdampak di empat kecamatan.

"Sampai saat ini laporan yang kita terima sudah ada empat kecamatan yang terkena dampak akibat abu vulkanik Sinabung pascaerupsi tadi pagi yaitu Kecamatan Tiganderket sebanyak 17 Desa, Kecamatan Kutabuluh 8 Desa, Kecamatan Tigabinanga 15 Desa dan Kecamatan Lau Baleng," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin.

(mft/tribun-medan.com/tribunmedan.id)

Penulis: Muhammad Fadli Taradifa
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved