Breaking News:

Sinabung Kembali Erupsi Besar

Erupsi Sinabung, Tiga Kecamatan di Kabupaten Karo Berdampak

warga maupun petani diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi di dalam radius 3 km.

Penulis: Muhammad Fadli Taradifa | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Nasrul / Tribun Medan
GUNUNG Sinabung kembali mengalami erupsi, pada Selasa (2/3/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, KARO -  Pascaerupsi Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, berdampak di tiga kecamatan.

Semburan awan panas terpantau mencapai ketinggian lima kilometer pada Selasa (2/3/2021).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin mengatakan, sampai saat ini ada tiga kecamatan yang berdampak yakni Kecamatan Tiganderket, Tiga Binanga, dan Kutabuluh.

Dikatakannya, saat ini pihak BPBD dibantu oleh TNI dan Polri sudah melakukan penyiraman terhadap kecamatan yang terkena dampak abu vulkanik. 

"Saat ini BPBD Karo bersama TNI-Polri sedang melakukan penyiraman abu vulkanis di salah satu kecamatan yang terdampak seperti di Tiga Binanga," katanya, Selasa (2/3/2021).

Seperti yang diketahui, erupsi gunung Sinabung pada Selasa pagi tercatat pukul 06.42 WIB, sejauh 2.000 meter (2 KM) mengarah ke arah timur dan tenggara. 

Erupsi susulan juga tercatat pada pukul 07.15 WIB dimana Gunung Sinabung meluncurkan kolom abu setinggi 5.000 meter. 

Saat ini Gunung Sinabung yang ketinggiannya mencapai 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) berada pada status Level III (Siaga).

Untuk menghindari semburan awan panas, warga maupun petani diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi di dalam radius 3 km dari puncak gunung.

Selanjutnya radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.(mft/tribun-medan.com/tribunmedan.id)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved