Breaking News:

BPS Resmikan Pojok Statistik di FEB USU, Bisa Diakses Mudah dan Cepat

Pojok Statistik ini, didirikan di sebuah ruangan di FEB USU dengan fasilitas akses data statistik disediakan BPS secara online

Tribun Medan
Peresmian Pojok Statistik dilaksanakan oleh Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi dan Dekan FEB USU, Prof Ramli bersama jajaran BPS Sumut dan jajaran Dekanat FEB USU, Kamis (4/3). Pojok Statistik ini, didirikan disebuah ruangan di FEB USU dengan fasilitas akses data statistik disediakan BPS secara online dan dapat akses dengan mudah dan cepat oleh mahasiswa dan dosen di FEB USU. Tribun Medan/Septrina Ayu Simanjorang 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara (Sumut) bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sumatera Utara (USU) mendirikan Pojok Statistik di kampus tersebut.

Peresmian ini dilaksanakan langsung Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi dan Dekan FEB USU , Prof Ramli bersama jajaran BPS Sumut dan jajaran Dekanat FEB USU, Kamis (4/3/2021).

Pojok Statistik ini, didirikan di sebuah ruangan di FEB USU dengan fasilitas akses data statistik disediakan BPS secara online dan dapat akses dengan mudah dan cepat oleh mahasiswa dan dosen di FEB USU.

"Pojok Statistik ini, termasuk dalam mensosialisasikan dan mendesiminasikan data statistik," ungkap Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi kepada wartawan, usai meresmikan Pojok Statistik di FEB USU.

Baca juga: Rektor USU Muryanto Amin Berencana Merdekakan Mahasiswa, Simak Penjelasannya Berikut

Dekan FEB USU, Prof Ramli mengucapkan terima kasih kepada BPS Sumut, yang sudah bekerja sama dengan mendirikan Pojok Statistik di FEB USU. Ia mengatakan, pendirian Pojok Statistik ini akan memberikan dampak positif bagi aktivitas akademik dilakukan mahasiswa dan dosen.

"Dampak positifnya jelas, itu kreatif mahasiswa dan dosen itu meningkat. Karena, tidak ada masalah dan kendala. Masalah data, sudah bisa akses ini," jelas Ramli.

Ramli menjelaskan, keberadaan Pojok Statistik di FEB USU juga memberikan nilai lebih dalam pengajian dan penelitian dengan menggunakan data statistik. Termasuk mahasiswa dan dosen dapat mengakses data dengan muda dan tidak perlu lagi mendatangi Kantor BPS Sumut, bila memerlukan sesuata data.

"Mungkin kreatif artinya, pendalam pengajian itu. Bisa dikaji, kita mau kaji ini tidak ada datanya. Kalau di sini ada data, mudah diakses. Memberikan dampak baik bagi akreditas fakultas ini," katanya.

Syech menjelaskan, data statistik banyak sekali digunakan dalam aktivitas akademik di Kampus oleh mahasiswa, dosen-dosen untuk penelitian. Sehingga BPS Sumut sudah setahun lalu diberikan untuk mendirikan Pojok Statistik di Universitas-universitas.

Syech berharap dengan didirikannya Pojok Statistik di FEB USU ini, mahasiswa dan dosen dapat lebih aktif dan kreatif untuk kepentingan kajian dan penelitian dengan menggunakan data yang disediakan BPS Sumut melalui Pojok Statistik ini.

"Harapan kita, dengan didirikan Pojok Statistik mahasiswa aktif. Karena ini, online tidak perlu buku banyak-banyak. Mereka bisa cari, website tinggal mencari data-data," jelas Syech.

Syech menjelaskan, pihaknya juga sudah menjajaki kerja sama dengan beberapa universitas lain di Sumatera Utara. Namun, kerja sama ini, belum mengarah ke pengajuan untuk mendirikan Pojok Statistik.

Setelah meresmikan Pojok Statistik tersebut, BPS dan FEB USU juga melakukan penandatangan perjanjian kerja sama berlangsung di Auditorium FEB USU.

Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved