Breaking News:

Danau Toba Rencananya Jadi Tempat Syuting Film Bollywood, Dubes India Tawarkan Kerja Sama

Dubes India tawarkan kerja sama dengan Wagub Sumut Musa Rajekshah. Utarakan niat buat film Bollywood di Danau Toba

TRIBUN MEDAN/M ANIL
PENGUNJUNG berfoto di sebuah wahana yang ekstrim di Bukit Indah Simarjarunjung. 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN-Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti memuji keindahan Danau Toba, saat bertemu dengan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah atau Ijeck.

Pada kesempatan itu, Manoj pun mengutarakan niatnya untuk menjadikan Danau Toba sebagai tempat pembuatan film India, atau Bollywood.

"Bapak dubes ingin agar keindahan Sumut dapat muncul lebih lagi di film-film Bollywood. Tentunya berpotensi meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumut," kata penerjemah yang mendampingi Manoj, Rabu (3/3/2021) di Rumah Dinas Wagub, Jalan Tengku Daud, Medan.

Baca juga: Tulisan Damn I Love Danau Toba di Meja Juri Indonesian Idol: Mulai Kaka Slank, Judika dan Ari Lasso

Manoj mengatakan, bila proyek syuting perfilman Bollywood terlaksana di di kawasan Danau Toba terwujud, tentu akan menguntungkan pariwisata Sumut.

"Yang penting bahwa rumah-rumah produksi film di India bisa membuat film di Sumut dan menampilkan keindahaan Sumut. Sehingga dapat disaksikan penduduk India yang mencapai 1,3 miliar jiwa," katanya.

Selain peluang di industri perfilman, Manoj pun menawarkan berbagai beasiswa yang dapat dimanfaatkan bagi para Aparatur Sipil Negeri (ASN). Sehingga dapat meningkatkan daya saing para pegawai Pemprov Sumut.

Baca juga: NELAYAN Danau Toba Nodai Putri Kandungnya, Kepergok Istrinya Lalu Dimaki-maki dan Ditangkap Polisi

"Ada banyak program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah India, dan Bapak Dubes berharap ada pejabat dan ASN yang memanfaaatkan program beasiswa tersebut," kata penerjemah, mengutarakan niat Manoj.

Terakhir, Manoj pun mengaku banyak mendapat informasi bahwa di Sumut akan banyak dibangun proyek infrastruktur.

Ia siap membawa sejumlah investor dari negara asalnya untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Sumut.

"Ada banyak perusahaan India yang cukup pengalaman, yang akan turut serta dalam mengembangkan infrastruktur di Sumut," ungkapnya.

Baca juga: Kunker Terakhir Sandi di Danau Toba, Manortor hingga Tinjau Produk UMKM

Sementara, Wagub Ijeck mengapresiasi kunjungan Dubes LBBP India dalam menawarkan sejumlah kerja sama dengan Pemprov Sumut, yang tentunya menguntungkan bagi kedua belah pihak.

"Saya senang dengan kunjungan Dubes India ke Indonesia. Artinya memberikan informasi tentang apa yang ada di India dan bagaimana Pemerintahan India juga ingin melihat peluang apa yang ada di Sumut," sebut Ijeck.

Terkait tawaran beasiswa dan kerja sama pariwisata, Ijeck pun mengaku siap mendukung penuh apabila akhirnya terwujud.

Sebab dipastikan akan meningkatkan daya saing SDM Pemprov Sumut dan juga bisa menarik kehadiran wisatawan asing untuk berkunjung ke Sumut, khususnya ke Danau Toba.                    

"Saya harap ini bisa ditindaklanjuti untuk mengangkat dan mempromosikan wilayah Sumut," ujarnya.(ind)

Editor: Array A Argus
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved