Breaking News:

Andi Fauzan Perenang Sumut yang Tampil PON 2021, Pernah Dinobatkan Atlet Remaja Terbaik se-Sumut

Penobatan sebagai perenang terbaik usia anak-anak memacu semangat Andi Fauzan Permatani untuk melanjutkan prestasi.

Tribun Medan
Andi Fauzan Permatani, atlet renang Sumut yang mendapatkan tiket PON Papua 2021 usai latihan Fauzan pernah dinobatkan sebagai atlet renang terbaik Sumut tahun 2013. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Penobatan sebagai perenang terbaik usia anak-anak memacu semangat Andi Fauzan Permatani untuk melanjutkan prestasi.

Fauzan berhasil mengumpulkan 7 medali emas, 3 medali perak, dan 6 medali perunggu. Saat usia 11 tahun, ia memulai mempelajari gaya punggung, gaya kupu-kupu dan gaya bebas, kemudian menyukai pada nomor gaya bebas.

Saat itu, Fauzan masih duduk di bangku SD N 060884 di kejuaraan renang se-Sumatra (Krapsu) Medan tahun 2013 pada nomor KU-IV gaya dada 50 m yang digelar Amphibi Swimming Club (ASC) Universitas Negeri Medan.

Selang dua tahun, tepatnya pada 2015, Alumni SMA N 4 Medan ini mendulang medali perunggu di Kejuaraan Park Sakti Cup 2015 di laga 100 m gaya kupu-kupu.

Fauzan merupakan atlet renang Sumut untuk mengikuti kejuaraan PON Papua 2021.

Berhasil meraih tiket untuk mengikuti PON merupakan impiannya

Perjuangan untuk menuju PON Papua untuk berlaga dan bersaing dengan atlet daerah lain, membuat perenang yang dilahirkan 17 tahun ini mengeluarkan biaya sendiri untuk latihan di Pari Sakti Jakarta dibawah binaan pelatih M Akbar Nasution anak dari almarhum Raja Nasution dan juga merupakan adik dari Elfira Rosa Nasution.

Baca juga: Seorang Pemuda Tewas Terseret Arus Karena Tak Bisa Berenang di Sungai Lae Simuhur Dairi

Baca juga: AC Milan Diambang Pecahkan Rekor, Dapat Voucher Penalti Terbanyak di Liga Italia

"Saya mendapat tiket di PON Papua karena saat Porwil Sumatera 2019 di Bengkulu saya sukses dan berprestasi," katanya, Jumat (5/3/2021).

Selain itu, Fauzan layak mendapatkan tiket PON karena pernah memborong medali emas pada Porwil Kota Medan pada 2018 silam. "Saya meraih emas di nomor pertandingan 1.500 meter gaya bebas putra, meraih perak nomor 400 meter gaya bebas putra dan meraih perunggu pada nomor 400 meter gaya ganti putra," ujarnya.

Pria yang memang hobi berenang ini mengungkapkan mulai kecil sudah didaftarkan orang tua untuk ke klub renang di Medan. Dari sana, dia memulai karir profesionalnya dengan mengikuti turnamen di dalam maupun di luar negeri.

"Keberhasilan meraih tiket PON ini semua karena karena kita selalu berdoa dan berusaha setiap mengikuti pertandingan. Prestasi yang diraih juga sebagai wujud nyata dari latihan yang selama ini dilakoni. Prestasi yang diraih diwujudkan kembali pada ajang PON tahun depan," ujar anak dari pasangan Widi Trihan-dianto D Putra dan Susi Nurdianingsih di Medan.

Fauzan sangat berkeinginan menjadi atlet terkenal seperti Michael Phelps atlet renang asal Amerika Serikat. "Saya sangat mengidolakan dia (Michael)," kata Andi.

Maka dari itu, ke depan dirinya mempunyai impian untuk tampil di ajang bergengsi tingkat nasional maupun internasional.

"Saya sangat senang dengan Michael Phelps, perenang asal Amerika merupakan pemecah rekor dunia sejak 2006," sebut anak bungsu dari dua bersaudara ini.(akb/tribun-medan.com)

Penulis: Sofyan akbar
Editor: Tommy Simatupang
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved