Breaking News:

TRIBUNWIKI

Kepala BPBD Toba, Pontas Batubara, Bawa Keluarga Lihat Kehidupan Masyarakat Toba Secara Langsung

Proses pendidikannya pun terus berlangsung hingga ia menggapai pascasarjana di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

TRIBUN MEDAN/ MAURITS PARDOSI
Kepala BPBD Kabupaten Toba dr Pontas Batubara. 

Kepala BPBD Toba, Pontas Batubara, Sering Bawa Keluarga Lihat Kehidupan Masyarakat Toba Secara Langsung

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE – “Aku tak tahan lihat orang yang berkekurangan. Aku hanya bisa membantu sesuai kemampuanku. Tidak sanggup beri uang, aku coba cari jalan membantunya,” ungkap dr Pontas Batubara yang kini tengah menjabat menjadi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Toba saat berbincang dengan Tribunmedan.id pada Sabtu (6/3/2021).

Lelaki kelahiran Pematangsiantar, 10 November 11965 ini adalah sosok yang dikenal sebagai kepala dinas yang ramah dan suka menyapa orang.

Usai pulang dari kantor, ia kerap ke warung kopi bertemu dengan banyak orang, khususnya para pedagang yang lalu lalang menjajakan jualannya.

Sontak, ia langsung memanggil pedagang tersebut dan memborong semua barang dagangannya.

“Aku tak sanggup beri banyak uang sebagai bantuan, namun aku coba cari jalan agar ia bisa terbantu. Aku cuman beli dagangannya apalagi yang jual misalnya mie, jagung rebus, atau makanan lain itu seorang anak yang tengah sekolah. Aku juga sering menahan tangis saat melihat mereka berjuang. Ya sebagai manusia biasa, aku hanya bisa mencoba membantu mereka melalui orang-orang yang yang berkecukupan,” sambung dr Pontas.

Ayah dari dua anak ini juga sering membawa keluarganya melihat kehidupan secara langsung masyarakat Toba.

Istri dan dua anaknya tinggal di Medan, namun ia sendiri mengontrak rumah di Toba karena alasan pekerjaan sebagai Aparatur Sipil Negara di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Toba.

Kecintaannya pada hal-hal sosial sudah tertanam sejak ia mulai sekolah di Sekolah Dasar Xaverius Padangsidempuan yang dilanjutkan dengan Sekolah Menengah Pertama Swasta Kesuma Indah Padangsidempuan dan dilanjutakan ke jenjang Sekolah Menengah Aatas di SMA Katolik Budi Murni I Medan.

Proses pendidikannya pun terus berlangsung hingga ia menggapai pascasarjana di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Halaman
123
Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Ayu Prasandi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved