Breaking News:

Patung Kuda di Pantai Batu Hoda, Lambangkan Kesetiaan, Mirip Dengan Kisah Hachiko di Jepang

Di wisata Batu Hoda terdapat sebuah patung berbentuk kuda yang sering dilambangkan sebagai simbol kesetiaan.

TRIBUN MEDAN/ MUHAMMAD ANIL RASYID
Patung kuda yang berada di Pantai Batu Hoda yang berada di Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. 

TRIBUN-MEDAN.com, SAMOSIR - Wisata alam selain menyajikan pemandangan yang indah dan menawan, selalu ada cerita yang menarik di baliknya.

Seperti wisata Pantai Batu Hoda (Batu Kuda) yang berada di Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Di wisata Batu Hoda terdapat sebuah patung berbentuk kuda yang sering dilambangkan sebagai simbol kesetiaan.

"Ini hanya mitos sebenarnya. Saya pun dengar dari warga sekitar di sini. Katanya dulu bercerita tentang seekor kuda betina yang menyeberangi danau untuk menunggu kuda jantan yang kelak menjadi pasangannya. Kuda itu menunggu di tepi daratan namun tak kunjung datang," ujar Deviani Afifah pengunjung Pantai Batu Hoda, Minggu (7/3/2021)

Patung kuda yang berada di Pantai Batu Hoda yang berada di Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.
Patung kuda yang berada di Pantai Batu Hoda yang berada di Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. (TRIBUN MEDAN/ MUHAMMAD ANIL RASYID)

Namun sambung Deviani, meski tak kunjung ketemu dangan kuda jantannya, kuda betina tetap menunggu meski telah diminta pergi oleh penduduk setemoat.

"Terdengar cukup menarik kisah mitosnya ini. Mirip dengan kisah Hachiko di Jepang yang menunggu tuannya kembali. Ujung-ujung sama dijadikan patung," ucap Deviani.

Batu Kuda inilah yang disebut-sebut sebagai bentuk perlambangan cinta dan kesetiaan tanpa batas waktu.

"Maka tak heran juga, pantung kuda ini selalu menjadi pilihan utama spot berfoto setiap pengunjungnya," ujar Deviani.

Pohon-pohon yang berada di sekitar pantai tidak ditebang melainkan terus dirawat dan ditata sesuai dengan adat setempat. Penggunaan kain yang dililit pada batang pohon dengan warna putih, merah dan hitam.

Berbicara fasilitas di wisata Pantai Hoda, wisatawan gak perlu khawatir. Fasilitas tersebut antara lain berupa tempat bermain anak, tempat memancing, wisata kuliner halal, rumah pohon, water sport, gazebo, kedai kopi, musholla, kamar mandi, penginapan hingga camping ground.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Ayu Prasandi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved