Breaking News:

Update Covid19 Sumut 8 Maret 2021

Satgas Covid Belum Temukan Kasus Virus Corona B117 di Sumut

Hal ini disampaikan, Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah, untuk virus B117 belum ada terdeteksi. 

AFP/NICOLAS ASFOURI
Seorang peneliti memperhatikan sel ginjal monyet yang akan diuji coba untuk mengobati pasien virus Corona, COVID-19 di Laboratorium Cells Culture Room, Sinovac Biotech, Beijing pada 29 April 2020 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menegaskan bahwa Virus Corona B117 sejauh ini belum terdeteksi di Provinsi Sumut.

Seperti yang diketahui, Covid-19 perbandingan penyebarannya adalah 1:3 maka B117 adalah 1:5.  Namun, meski B117 tidak lebih berat dari Covid-19.

Hal ini disampaikan, Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah, untuk virus B117 belum ada terdeteksi. 

"Untuk virus B117 belum ada terdeteksi," ujarnya, Senin (8/3/2021).

Untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut, Aris mengingatkan, agar masyarakat tetap menjalankan 5 M.

Selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan,  menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi serta interkasi agar tidak sampai terpapar virus ini. 

"Masyarakat tak usah panik. Karena kalau tetap menerapkan 5M, tidak akan terpapar," ungkapnya.

Dalam hal antisipasi, Satgas sendiri lanjut Aris mengaku tidak ada hal yang berbeda dari penanganan Covid-19 yang telah dilakukan. 

"Pada hakikatnya, virus B117 asal Inggris ini gejala yang ditimbulkannya tidak lebih berat dari SARS-CoV-2 (Covid-19)," katanya

"Tidak lebih berat, hanya saja penyebarannya lebih cepat," sambungnya. 

Aris menerangkan, bila Covid-19 perbandingan penyebarannya adalah 1:3 maka B117 adalah 1:5. Namun, sambung Aris, meski B117 tidak lebih berat dari Covid-19, hal ini tetap perlu diwaspadai, karena juga dapat beresiko bagi kematian. 

"Maka untuk mencegahnya terapkan 5M dengan baik dan benar," pungkasnya. 

(mft/tribun-medan.com/tribunmedan.id)

Penulis: Muhammad Fadli Taradifa
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved