Breaking News:

Sepekan Relaksasi PPnBM, Penjualan Suzuki di Medan Langsung Melonjak 50 Persen, Tipe XL-7 Terlaris

Suzuki PT Arista Sukses Abadi Cabang Sisingamangaraja turut merasakan pendongkrakan penjualan sejak pemberlakuan relaksasi PPnBM

Penulis: Kartika Sari | Editor: Juang Naibaho
Tribun-Medan.com/Kartika
Suzuki Medan mencatat lonjakan penjualan mobil hingga 50 persen setelah satu minggu berjalannya relaksasi PPnBM nol persen sejak 1 Maret 2021. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Suzuki PT Arista Sukses Abadi Cabang Sisingamangaraja turut merasakan pendongkrakan penjualan sejak pemberlakuan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) nol persen pada awal Maret lalu.

Sales Counter, Yanti mengungkapkan bahwa ada dua mobil keluaran Suzuki yang mendapat pajak nol persen, di antaranya All New Ertiga dan XL-7.

"Dari bulan sebelumnya lebih baik karena banyak customer yang menunda pembelian karena menunggu PPnBM. Untuk kenaikan ada lebih dari 50 persen dengan seminggu ini sudah ada pemesanan 9 unit," ungkap Yanti, Senin (8/3/2021).

Ditambahkan Suji, sales counter lainnya mengatakan bahwa untuk pemotongan mobil semenjak relaksasi Pajak nol persen ini mencapai Rp 12 juta.

"Potongannya tergantung harga mobilnya. Contohnya saja Ertiga ini kan ada tipe GL dan GX. Kalau untuk potongan pajaknya itu sekitar Rp 11 juta-Rp 12 juta. Kalau XL-7 ini potongan pajaknya itu sebesar Rp 12 juta," ujarnya.

Sebelum pemberlakuan pajak nol persen, Suji mengakui bahwa penjualan sangat terpuruk.

Bahkan pada saat tahun 2020 lalu penjualan mobil hanya berada di angkat 5 unit per bulan.

"Penjualan lalu pasti menurun, cuma karena program ini lumayanlah udah stabil. Bulan tiga pandemi sempat penjualan itu hanya 5-7 mobil, itu secara dratis. Mulai naik lagi di bulan 12 tahun lalu, udah mulai meningkat," tuturnya.

Sepekan berjalan pajak nol persen, Suji mengatakan bahwa Mobil XL-7 menjadi primadona yang paling banyak dicari lantaran memiliki bentuk yang sporty.

"XL-7 ini paling banyak diminati. Jika dibandingkan dengan Ertiga, esterior XL-7 lebih tinggi. Kemudian untuk body lebih gagah dan sporty. Kalau misalnya dengan Ertiga tipe GL itu dari pelaknya masih rendah dan Ertiga ini ditampilkan desain elegan kalau XL-7 lebih sporty," kata Suji.

Tambahnya, dengan masih berlangsungnya pajak nol persen yang diprediksi sampai bulan Mei mendatang diharapkan penjualan dapat stabil kembali.

"Kalau target per bulan itu 20 unit mobil. Terkait PPnBM ini ya harapannya meningkat penjualan baik unit maupun sparepart agar bisa stabil karena tahun lalu sempat drop," tutupnya.

(cr13/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved