Breaking News:

Bupati Lebak Ingin Santet Moeldoko, Ternyata Teluh Bisa Dikirim Angin hingga Api

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya melontarkan niat ingin menyantet Moeldoko, setelah kisruh Partai Demokrat

Istimewa/kompas.com
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dan Kepala KSP Moeldoko 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN-Ketua DPD Partai Demokrat Banten sekaligus Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya melontarkan statemen yang cukup fenomenal. 

Iti yang mengaku loyal kepada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan memastikan para ketua DPC serta kader di Banten tidak gentar menghadapi kubu Moeldoko.

Bahkan, Iti menyampaikan siap mengirimkan santet kepada Kepala Kantor Staf Presiden tersebut.

Baca juga: Foto Saya Sudah Dikirim ke Banten Artidjo Alkostar Pernah Disantet, Sepak Terjang Algojo Koruptor

"Banten tidak gentar. Kami tetap setia pada ketum (AHY) kami yang ganteng. Kalau pun kami harus turun berdemo, kami siap. Santet Banten akan dikirim untuk KSP Moeldoko," ungkap Iti, Senin (8/3/2021).

Itu dia tegaskan terkait penolakannya terhadap hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Deliserdang yang menunjuk Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Berkaitan dengan masalah santet ini, mengutip karya disertasi kriminolog Universitas Indonesia, Tb Ronny Nitibaskara yang berjudul “Reaksi Sosial Terhadap Tersangka Dukun Teluh di Pedesaan Banten Jawa Barat (1985-1990)”, dijelaskan bahwa praktik ilmu santet atau teluh di wilayah Banten sudah dihayati dari masa ke masa sejak zaman Banten Lama atau sebelum masuknya Islam.

Baca juga: Seorang Nenek Dituduh Dukun Santet Tewas Dibacok| Warga Ngamuk Bakar Korban Bersama Rumahnya

Dua yang pertama mengirim benda-benda seperti jarum, paku, dan beling (pecahan kaca) lewat angin dan air.

Teluh geni (api/baja) memberi hasil lebih cepat, dengan memasukkan pisau kecil ke dalam sebuah gelas, ditutup kain, dan dibacakan mantra-mantra; jika pisau hilang dan air menjadi merah pertanda korban sebentar lagi mengalami bencana.

Untuk teluh pangjarahan dilakukan dengan meminta kepada roh halus yang menempati kuburan.

Sementara itu, praktisi supranatural, Ki Geni Seketi mengatakan, terkait santet atau teluh, di Indonesia ada banyak daerah yang terkenal dengan ilmu santetnya yang bisa menyakitkan bahkan bisa membuat nyawa seseorang hilang.

Halaman
12
Editor: Array A Argus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved