Breaking News:

Di Medan Ditemukan Kasus Mutasi Virus Corona B.1.1.7, Lebih Menular dari Sebelumnya, Ini Kata Menkes

Satu kasus mutasi virus Corona B.1.1.7 yang ditemukan berada di Medan, Sumatera Utara.

TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Petugas Kesehatan melayani warga tes usap (swab test) Covid-19 PCR, di BTKLPP Kelas I Medan, Senin (1/2/2021). Guna mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, BTKLPP Kelas I Medan mengadakan tes usap PCR massal gratis setiap hari Senin dengan kuota 100 orang. 

TRIBUN-MEDAN.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengonfirmasi penularan virus Corona B.1.1.7 di Indonesia. Satu kasus mutasi virus Corona B.1.1.7 yang ditemukan berada di Medan, Sumatera Utara.

Kabar terbaru, ditemukan dua kasus yang dibawa WNI saat kembali dari Arab Saudi.

Budi Gunadi melaporkan, ada penambahan empat kasus yang tersebar di empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

"Di Palembang, Sumatera Selatan, pada 11 Januari 2021, Kalimantan Selatan 6 Januari, Balikpapan Kalimantan Timur dari 12 Februari dan ada yang keempat itu di Medan Sumatera Utara pada 28 Januari," kata Budi dalam Konferensi pers Perpanjangan PPKM Mikro secara virtual, Senin (8/3/2021).

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, empat pasien yang terpapar mutasi virus corona B.1.1.7 sempat mengalami gejala ringan dan sedang.

Ia mengatakan, meski sempat dirujuk ke rumah sakit, namun kondisi empat pasien Covid-19 tersebut tidak memburuk.

Menurut Nadia, empat pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

"Hasil pemeriksaan pelacakan kasus yang kita lakukan, keempat kasus ini sudah dalam kondisi sehat," kata Nadia dalam konferensi pers secara virtual, Senin.

Nadia mengatakan, untuk memutus penularan virus corona B.1.1.7, pihaknya telah melakukan pelacakan kontak erat terhadap empat kasus Covid-19 tersebut.

Hasilnya, tidak ada individu lain yang terpapar Covid-19.

Halaman
1234
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved