Breaking News:

Lewat Program Ini, Pemkot Medan Dorong Produk UMKM Masuk E-Marketplace

Mewakili Walkot Bobby, Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman membuka program UMKM secara virtual

Dok. Humas Pemkot Medan
Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman, membuka program UMKM Go Digital pada Rabu (10/3/2021) di Ruang Command Center Kantor Wali Kota. 

TRIBUN-MEDAN.com – Pemerintah Kota (Pemko) Medan mendorong dan memprioritaskan produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), untuk masuk e-marketplace atau penyelenggaraan perdagangan.

Dukungan tersebut dilakukan dengan menghadirkan program Belanja Langsung Pengadaan atau Bela Pengadaan.

Program tersebut diluncurkan secara virtual oleh Wakil Wali Kota Medan yang mewakili Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution di Aulia Rachman, pada Rabu (10/3/2021) di Ruang Command Center Kantor Wali Kota.

Kegiatan peluncurkan program tersebut diberi nama “Pemberian Penjelasan Program Bela Pengadaan dan Tata Cara Pencantuman Produk UMKM ke dalam E-Marketplace”.

Baca juga: Tanggulangi Banjir, Walkot Bobby Insturuksikan Pengerukan dan Pembersihan Parit Sulang Saling

Adapun, kegiatan tersebut digelar oleh Bagian Perlengkapan dan Layanan Pengadaan, yang bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Medan.

Aulia menyampaikan penyelenggaraan e-marketplace melalui program Bela Pengadaan ini mengedepankan transparansi dan akuntabilitas.

Sehubungan dengan itu, Aulia berharap, Direktorat Advokasi Pemerintah Daerah, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dapat memberikan dukungan dan pendampingan kepada pelaku UMKM.

Dukungan yang dimaksud, kata Aulia, adalah dalam bentuk kolaborasi bersama Pemkot Medan. Hal ini diperlukan demi memajukan UMKM dengan tetap berpijak pada peraturan perundangan.

Baca juga: Nama-nama 65 Korban Kecelakaan Bus di Sumedang, 29 Orang Tewas, Mengapa Bus dan Truk Rawan Rem Blong

Hadir dalam peluncuran kegiatan tersebut Analisis Kebijakan Muda-Sub Koordinator Wilayah Sumatera-Banten Direktorat Advokasi Pemerintah Daerah.

Sebagai narasumber dalam acara tersebut ia mengatakan, program Bela Pengadaan mendukung program Usaha Kecil dan Menengah (UMK) Go Digital.

“Dukungan ini hadir melalui proses belanja langsung dengan uang bernilai paling tinggi Rp 50.000.000 bagi UMK yang tergabung dalam marketplace,” jelas Imam.

Selain mendorong UMK Go Digital, kata Imam, Bela Pengadaan ini memiliki beberapa tujuan, yakni menjadikan pengadaan lebih inklusif, meningkatkan penggunaan produksi dalam negeri, memanfaatkan market place, dan meningkatkan transparansi serta akuntabilitas.

Baca juga: Pemko Medan Dituding Serobot Lahan 4,3 Hektare Milik Warga, Wali Kota Diminta Bersikap Bijak

Selain menghadirkan narasumber, pembukaan kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Utama LKPP Setya Budi Arianta, Direktur Advokasi Pemerintah Daerah  Iwan Herniawan, dan Asisten Administrasi Umum Renward Parapat.

Penulis: Alifia Nuralita Rezqiana (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved