Breaking News:

Harga Cabai di Pasar MMTC Masih Tinggi, Daya Beli Masyarakat Menurun

Harga Cabai dalam sepekan terakhir belum menunjukkan adanya penurunan harga terlebih saat libur Hari Raya Nyepi.

KARTIKA / Tribun Medan
Pembeli saat memilih cabai di Pasar MMTC, Minggu (14/3/2021). Sejak sepekan terakhir harga cabai masih relatif tinggi sekitar Rp 38 ribu-Rp 42 ribu.   

TRIBUN-MEDAN.com - Harga Cabai dalam sepekan terakhir belum menunjukkan adanya penurunan harga terlebih saat libur Hari Raya Nyepi.

Pantauan Tribun-medan.com, Minggu (14/3/2021) para pedagang di Pasar Raya di Komplek Medan Metropolitan Trade Centre (MMTC) masih mematok harga di kisaran Rp 38 ribu-Rp 42 ribu per kilogram.

Boru Siregar, pedagang cabai menjual cabai merah seharga Rp 38 ribu, Cabai Hijau Rp 20 ribu, dan Cabai Rawit Rp 25 ribu. 

Ia menuturkan bahwa kenaikan harga ini dipicu lantaran pasokan cabai di ladang yang sedikit.

"Ini harga naik. Kalau Minggu lalu ini masih Rp 35 ribu. Kalau mahalnya ini karena pengaruh gak ada barang di ladang jadi susah kita mau dapatkan barang," ungkap br Siregar.

"Kita mau dapatkan barang ini selalu kosong. Jadi kita keliling lah untuk cari pasokan ke Sidikalang, Siborong-borong, Dolok Sanggul, Brastagi. Inilah tiap hari kita keliling biar ada barang," lanjutnya.

Tak hanya br Siregar, Purba yang juga penjual cabai ini juga turut merasakan dampaknya. Pada pekan lalu, Purba masih menjual cabai dengan harga Rp 32 ribu.

"Masih naik ini harga Cabai cukup tinggi. Semalam itu modal masih sekitar Rp 37 ribu tapi sekarang untuk modal saja kita sudah Rp 40 ribu. Ini kita kan harus beli paling sedikit 80 kg per goni. Jadi kita juga Rp 42 ribu per kilo," ujarnya.

"Lumayan bertahan naik harga cabai ini apalagi libur panjang ini kan Nyepi makin naik dia," tambah Purba.

Naiknya harga cabai ini juga turut berdampak dengan daya beli masyarakat yang mulai menurun, diantaranya ada Ida yang turut mengeluh mengenai kenaikan harga cabai.

Bahkan, Ida mulai mengurangi pemakaian cabai sejak dua hari terakhir disaat harga cabai belum menunjukkan penurunan.

"Ih mahal ini harganya. Dulu beli Rp 34 ribu-Rp 35 ribu udah bisa dapat sekilo. Tapi ini udah gak bisa lagi, ya kurangi pakai cabai lah kita hemat-hemat. Ini lagi ekonomi juga belum bagus-bagus kali. Ya kita harap bisa stabil lah harga, kita yang pembeli yang kena imbas kan," pungkas Ida.

(cr13/tribun-medan.com) 
 

Penulis: Kartika Sari
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved