Breaking News:

Wagub Musa Rajekshah Ajak Masyarakat Lestarikan Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni di Samosir

Aek Natonang adalah danau di atas Pulau Samosir yang terletak di Danau Toba, sehingga dijuluki danau di atas danau.

Mustaqim / Tribun Medan
Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara, Musa Rajekshah atau Ijeck saat meninjau beberapa objek wisata di Kabupaten Samosir, Minggu (14/3/2021). Di antaranya, objek wisata Aek Natonang di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. (Istimewa) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara, Musa Rajekshah atau Ijeck pada Minggu (14/3/2021) mengunjungi beberapa objek wisata di Kabupaten Samosir.

Di antaranya yakni objek wisata Danau Aek Natonang di Desa Tanjungan Kecamatan Simanindo dan Danau Aek Sidihoni di Kecamatan Pangururan.

Wagub Ijeck mengaku mengagumi keindahan dan keasrian dua danau tersebut. Bahkan menurutnya, kedua danau tersebut berpotensi menjadi destinasi wisata bila dikelola secara maksimal.

"Di Aek Natonang ini sangat indah, pada siang hari terik saja cuacanya masih dingin. Kita dari Pemerintah Provinsi Sumut berterima kasih kepada Pak Presiden Joko Widodo atas perhatian besarnya terhadap kawasan wisata super prioritas Danau Toba," kata Ijeck, Senin (15/3/2021).

Ia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat dan pihak lainnya untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan kelestarian alam di sekitar Danau Toba, termasuk di kawasan Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni.

"Yang paling penting kita harapkan kepada seluruh pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan alam kita. Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni sangat indah dan bersih, jangan lah nanti kehadiran kita pengunjung mengotori lingkungan yang sudah baik tersebut," sebut pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Sumut itu.

Di samping itu, ia mengajak kepada para wisatawan lokal di tengah pandemi covid-19 untuk tetap berwisata di daerah Sumut, demi membantu membangkitkan perekonomian masyarakat yang berada di sekitar lokasi wisata.

"Bantu wisata daerah kita, dengan hadirnya kita, cukup dengan kuliner, menginap dan membeli produk UMKM setempat, hal tersebut akan membantu perputaran roda ekonomi," ujarnya. 

Untuk diketahui, Aek Natonang adalah danau di atas Pulau Samosir yang terletak di Danau Toba, sehingga dijuluki danau di atas danau.

Untuk menuju lokasi Aek Natonang itu, dari kawasan wisata Tuktuk Siadong, membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menit melalui jalan lingkar Samosir.

Sesuai namanya, Aek Natonang yang terletak di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut memiliki air yang tenang.

Keindahan danau seluas 42 hektar ini dilengkapi dengan pemandangan hutan pinus yang mengelilinginya.

Begitu juga dengan Danau Sidihoni, danau ini pun terletak di Pulau Samosir. Sehingga, danau ini juga dijuluki dengan danau di atas danau.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved