Breaking News:

Disdik Siantar Wajibkan SD Negeri Hanya Terima Murid Berusia 6,5 Tahun hingga 7 Tahun

Berkaitan syarat mutlak usia, Lusamti mengatakan setiap calon siswa baru, harus berusia 7 tahun pada saat penerimaan siswa

TRIBUN MEDAN/GITA
Ilustrasi Siswa SD 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pematangsiantar mengimbau orangtua untuk mendaftarkan anaknya ke jenjang Sekolah Dasar (SD) pada usia yang disarankan pemerintah, yaitu usia 7 tahun atau 6,5 tahun dengan syarat.

Kabid Paud dan Dikdas, Lusamti Simamora mengatakan ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi para orangtua maupun wali mendaftarkan anak masuk Sekolah Dasar (SD) pada ajaran baru di tahun 2021 ini. 

Lusamti Simamora dengan tegas mengatakan bahwa setiap anak dibolehkan mendaftar dan masuk SD tanpa lebih dulu menamatkan Taman Kanak-kanak (TK).

"Untuk SD Negeri tidak ada aturan harus yang sudah TK boleh naik ke SD. Tapi kalau untuk SD Swasta, ya bisa-bisa saja karena itu kebijakan mereka sesuai dengan kebutuhan sekolah swastanya," kata Lusamti saat dikonfirmasi, Selasa (16/3/2021).

Berkaitan syarat mutlak usia, Lusamti mengatakan setiap calon siswa baru, harus berusia 7 tahun pada saat penerimaan siswa. Itu dilakukan pihak sekolah agar tidak berdampak terhadap Daftar Pokok Pendidikan (Dapodik).

"Bisa masuk bagi yang sudah 6.5 tahun tetapi harus memperoleh surat keterangan dari psikologi. Kita tekankan pada pihak sekolah, baik negeri atau swasta untuk tidak menerima siswa SD kalau belum berusia 7 tahun. Dan untuk usia 6.5 tahun harus disertai surat psikolog," terangnya.

Disampaikan juga bahwa aturan ini sudah dituangkan dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021, yang menjadi acuan Dinas Pendidikan dalam menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2021.

"Karena yang jadi korban nanti anak-anak itu sendiri. Nanti tidak keluar nomor induk atau Dapodik-nya dan tidak ada nanti. Inilah data anak-anak sampai kuliah," jelasnya.

(Alija/tribun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Royandi Hutasoit
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved