Breaking News:

Peserta Pelatihan Unjuk Kebolehan Beri Pelayanan ala Hotel Bintang Lima

ada puluhan peserta pelatihan dari paket yang berbeda, diantaranya commercial cookery, bakery, pastry, restorant attendant,

Kartika / Tribun Medan
Peserta BBPLK Medan saat unjuk kebolehan lewat Joint Practice di Restoran BBPLK Medan, Selasa (16/3/2021). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan dibawah Kemenaker menggelar join Practice kepada para peserta pelatihan dari beberapa paket pelatihan di Restoran BBPLK Medan, Selasa (16/3/2021).

Acara ini mengusung konsep kolaborasi dari beberapa paket pelatihan untuk mengaplikasikan secara langsung dalam bentuk pelayanan kepada para tamu. 

"Hari ini (kemarin) sedang berlangsung join practice antara beberapa peserta pelatihan dari pelatihan yang berbeda, mulai dari room attendant, cookery, hingga pelatihan pastry dimana mereka berkolaborasi satu sama lain menyuguhkan satu pelayanan yang kita andaikan di sebuah hotel bintang lima," ungkap Kepala BBPLK Medan, Muhammad Ali.

Baca juga: Pengabdian Masyarakat, Prodi Akuntansi STIE Mikroskil Gelar Pelatihan bagi Usaha Tanaman Hidroponik

Lanjutnya, Ali menuturkan bahwa ada puluhan peserta pelatihan dari paket yang berbeda, diantaranya commercial cookery, bakery, pastry, restorant attendant, hingga barista yang masing-masing paket latihan berisi 16 orang yang dilaksanakan selama dua bulan.

"Pelatihan sudah dilakukan selama dua bulan dan hari ini mereka practice sebelum nantinya kita lakukan uji kompetensi untuk menunjukkan kepada mereka apakah berhak menjadi kompeten," ujarnya.

Dalam join practice tersebut, tampak para peserta menunjukkan kebolehannya setelah mendalami pelatihan selama dua bulan dengan dibimbing oleh pihak berkompeten dari beragam industri.

"Untuk membekali peserta kita ada join dengan industri seperti industri restoran atau perhotelan yang kita minta untuk bisa memberikan kepada para peserta. Ini upaya kita untuk memberikan suasana yang berbeda untuk melayani langsung orang orang yang menjadi tamu di restoran ini," tuturnya.

Ali menuturkan bahwa dengan dibekali alat dan perlengkapan standar bintang lima dalam pelatihan, diharapkan peserta pelatihan dapat memanfaatkan untuk dapat bersaing dalam dunia kerja yang berhubungan dengan sektor Pariwisata.

"Dengan membekali mereka dengan peralatan standar bintang lima, lulusan-lulusan kita memang masuk ke dalam industri perhotelan. Kita harapkan dengan kita bantu persiapkan, ketika pariwisata kembali reborn, mereka sudah siap untuk memperebutkan pasar kerja yang tersedia dalam sektor pariwisata," ucapnya.

Para peserta juga turut antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut. Dengan mengetahui informasi dari sosial media, tak berpikir lama para peserta langsung mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan.

Diantaranya ada Junsa, peserta asal Medan ini mengikuti pelatihan dalam pelayanan perhotelan.

"Saya punya basic untuk bidang perhotelan dan saya melihat pelatihan di BBPLK ini mengingatkan kembali mengenai ketrampilan dan meningkatkan kapasitas kemampuan disini. Kalau disini pelatihannya lebih kompleks seperti bagaimana melayani tamu dengan baik.

Kalau goals dari sini jadi lebih pede saja untuk bisa mencari pekerjaan karena sudah ada basic sebelumnya," pungkasnya.

Penulis: Kartika Sari
Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved