Breaking News:

News Video

Kejati Sumut Kembalikan Kerugian Negara Rp 9 Milyar Lebih dari Bangunan Menyalah Reiz Condo Medan

Kajati mengatakan, dengan dasar Perda Wali Kota Medan Nomor 38 Tahun 2017 tentang petunjuk teknis pelaksanaan Perda Kota Medan

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) kembalikan keuangan negara sebesar Rp 9.083.566.525, dari Apartemen Reiz Condo, melalui PT Waskita Karya Realty di Aula Kejati lantai 3 Jalan AH Nasution Medan, Rabu (17/3/2021).

Pengembalian uang tersebut, terkait retribusi daerah atas adanya temuan apertemen Reiz Condo, yang menyalahi aturan yakni adanya perubahan fungsi bangunan gedung apartemen Reiz Condo.

Selanjutnya, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara IBN Wiswantanu menyampaikan, bahwa proses pengembalian kerugian negara ini berawal dari izin IMB Nomor 6498/869.K Tanggal 15 Juli 2015 dengan fungsi sebagai hunian, luas bangunan 80.268 M persegi, jumlah lantai 28 dengan nilai retribusi Rp 1.280.084.850.

"Berdasarkan temuan tim penyidik dari Kejaksaan, ditemukan perubahan fungsi bangunan yang tadinya hunian, menjadi campuran dimana di dalamnya ada kegiatan sewa menyewa apartemen bulanan dan tahunan. Kemudian Tanda Daftar Usaha Pariwisata No. 0132/1.4/0601/04/2018 tanggal 16 April 2018 sebagai bukti setoran pajak sewa apartemen yang seharusnya wajib rubah fungsi bangunan," katanya.

Kajati mengatakan, dengan dasar Perda Wali Kota Medan Nomor 38 Tahun 2017 tentang petunjuk teknis pelaksanaan Perda Kota Medan, katanya maka ditemukan kerugian keuangan negara karena penyalahgunaan fungsi bangunan.

"Dari hasil penyelidikan, ditemukan adanya mark down atas pembayaran retribusi IMB yang dianggap retribusi IMB masuk sebagai kas Pendapatan asli daerah (PAD) Kota Medan sebesar Rp. 9.083.566.525," kata IBN Wiswantanu.

Sementara itu, Wali Kota Medan M Boby Afif Nasution mengapresiasi atas adanya pengembalian kerugian negara dari hasil penyelidikan, yang dilakukan Kejaksaan terkait perubahan fungsi Reiz Condo dari hunian menjadi campuran itu.

"Ini adalah salah satu prestasi yang luar biasa, dan hasil ini tentunya membawa berkah kepada pemerintah kota Medan, karena ini akan masuk ke PAD kami. Kedepannya berharap kita bisa berkolaborasi lagi Karena sejujurnya masih ada beberapa tempat, lokasi, kawasan yang memang sangat ingin kita tertibkan," kata Bobby.

(cr21/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved