Putusan MK Hasil Pilkada Samosir

DETIK-detik Keputusan MK tentang Money Politik Rp 100 Miliar Vandiko Gultom di Pilkada Samosir

Pembuktian praktik money politik di Pilkada Kabupaten Samosir menjadi poin yang dibahas dalam sidang Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (18/3/2021)

TRIBUN-MEDAN.COM - Pembuktian praktik money politik di Pilkada Kabupaten Samosir menjadi poin yang dibahas dalam sidang Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (18/3/2021).

Pasangan Vandiko Gultom- Martua Sitanggang disebut memberikan 60 ribu karung beras, 60 ribu bingkisan dan masker serta uang togu-togu ro mencapai Rp 900 ribu - Rp 1 juta per kepala.

Praktik ini dilakukan di 8 kecamatan: Kecamatan Sianjurmula-mula, Harian, Onanrunggu, Nainggolan, Palipi, Ronggurnihuta, Pangururan dan Simanindo.

Atas tuduhan itu, hakim Mahkamah Konstitusi menegaskan kalau tuduhan kepada Vandiko Gultom- Martua Sitanggang tidak berlandaskan hukum.

"Berdasarkan uraian di atas, politk uang pembagian 60 ribu karung beras, 60 ribu bingkisan dan masker serta uang togu-togu ro mencapai Rp 900 ribu - Rp 1 juta tidak beralaskan menurut hukum," ucap hakim Mahkamah Konstitusi.

Sebagai aklat bukti dugaan money politik, pemohon melampirkan rekaman gambar.

Namun rekaman itu menurut hakim tidak memenuhi unsur pembuktian money politik.

"Setelah mahkamah mencermati peristiwa yang ada dalam adegan dalam video tersebut, tidak secara tegas menggambarkan pembagian beras terlebih lagi money politik," kata hakim.

Dengan ini Pasangan Vandiko Gultom- Martua Sitanggang disebut tidak melakukan pelanggaran money politik.

Tonton video keputusan hakim:

Terkait hal ini, sebelumnya Rapidin Simbolon mengaku akan menerima segala keputusan yang akan diterbitkan oleh hakim MK.

Rapidin pun mengatakan, dia akan legawa dan mendukung segala keputusan dari MK.

Bahkan, Rapidin mengaku akan mendukung pasangan lawannya, yakni Vandiko Timotius Gultom dan Martua Sitanggang. 

"Kalau Vandiko yang ditetapkan, ya silakan. Tentu, mereka sudah punya program sendiri kan. Sepanjang program mereka itu untuk kepentingan dan kemaslahatan masayarakat Samosir, tentu kami mendukung program mereka itu," kata Rapidin Simbolon, Selasa (16/3/2021).

Baca juga: Pasangan Vandiko Gultom - Martua Sitanggang Raih Suara Terbanyak di Pilkada Samosir

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved