Breaking News:

Sekda Langkat Ingin Arsip Menjadi Warisan Dokumenter Bagi Generasi Penerus

Sekda Langkat ingin arsip Kabupaten Langkat bisa menjadi warisan dokumenter bagi generasi penerus.

Dok. Humas Pemkab Langkat
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Langkat Indra Salahudin mewakili bupati, membuka sosialisasi arsip di Hotel Grand Kananya Medan pada Selasa (16/3/2021) 

TRIBUN-MEDAN.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Langkat Indra Salahudin mengungkapkan harapannya agar arsip Langkat yang berhasil diselamatkan dapat menjadi warisan dokumenter yang penting bagi generasi mendatang.

Hal tersebut disampaikan Indra dalam sambutannya pada pembukaan sosialisasi surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) No. 1 Tahun 2020 di Hotel Grand Kananya Medan Selasa (16/3/2021).

Indra sendiri hadir di sana mewakili Bupati Langkat Terbit Rencana. Adapun Surat Edaran tersebut tentang penyelamatan dan pelestarian arsip negara periode 2014 – 2019, di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat.

Pada kesempatan itu, Indra memaparkan tujuan dari sosilaisasi surat edaran itu adalah untuk meningkatkan mutu dan kualitas satuan kerja, terkait penyelamatan dan pelestarian arsip negara yang berpotensi statis pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Langkat.

Baca juga: Perhatikan Guru Madrasah, Pemkab Langkat Salurkan Rp 1,2 Miliar ke FKDT Langkat

“Semoga (sosialisasi ini) dapat menjamin ketersediaan informasi yang akurat dan autentik,” ucap Indra.

Ia juga menuturkan harapan agar pengumpulan, penataan dan pemanfaatan arsip di Kabupaten Langkat dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Arsip Kabupaten Langkat, Rudi Kinandung, selaku penyelenggara sosialisasi, melengkapi pernyataan Sekda Indra terkait tujuan sosialisasi.

Baca juga: Ruang Arsip Kantor Bank BUMN Lubuk Pakam Mengalami Kebakaran, Pegawai Panik

“Sosialisasi ini (juga) bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM), pengetahuan, serta menambah wawasan bagi para peserta tentang tata cara pengelolaan arsip,” tambahnya.

Ia menuturkan, hal tersebut sesuai dengan ketentuan Undang-undang No. 43 tahun 2009 tentang kearsipan.

Dalam acara sosialisasi, pihak Dinas Arsip Kabupaten Langkat mengundang seorang narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara.

Sementara itu, terdapat 28 organisasi perangkat daerah di Kabupaten Langkat yang hadir sebagai peserta, termasuk di antaranya terdapat 2 orang perwakilan dari OPD.

Penulis: Alifia Nuralita Rezqiana (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved