Breaking News:

Selamatkan Keuangan Pemkot Medan, Wali Kota Bobby Apresiasi Kejatisu

Wali Kota Medan berkolaborasi untuk menyelamatkan keuangan daerah utnuk meningkatkan PAD Kota Medan.

DOK. Humas Pemkot Medan
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengapresiasi Kejatisu yang membantu menyelamatkan keuangan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan dengan retribusi pajak apartemen Reiz Condo di Aula Sasana Cipta Kherta, Kantor Kejatisu, Jalan Jend. A.H Nasution, Rabu (17/3/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengapresiasi Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) yang telah membantu menyelamatkan keuangan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan dengan retribusi pajak apartemen Reiz Condo.

Dia mengatakan itu kepada Kepala Kejatisu Ida Bagus Nyoman Wiswantanu beserta seluruh jajaranya di Aula Sasana Cipta Kherta, Kantor Kejatisu, Jalan Jendral A H Nasution, Rabu (17/3/2021).

"Ini bentuk kolaborasi antara Pemkot Medan dengan Kejatisu. Oleh karenanya, saya ucapkan terimakasih kepada Kejatisu beserta seluruh jajarannya yang telah membantu Pemko Medan menyelamatkan keuangan daerah," katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/3/2021).

Perlu diketahui, sebelumnya Reiz Condo telah melakukan penyimpangan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Izin tersebut berupa hunian namun dalam prakteknya malah disewakan seperti hotel. Hal ini pun menyebabkan kerugian bagi Pemkot Medan.

"Retribusinya berbeda kalau hunian 0.4 persen sedangkan hotel 4 persen. Namun, Reiz Condo hanya membayarkan yang 0.4 persen, bukan yang 4 persen. Jadi, kita mengalami kerugian sekitar Rp 9 miliar," imbuhnya.

Bobby menegaskan, tindakan tegas itu tidak hanya dialamatkan kepada Reiz Condo saja, tetapi juga bangunan-bangunan lain yang menyalahi izin di Kota Medan.

"Ke depannya saya berharap dapat terus berkolaborasi dengan Kejatisu, karena memang saya lihat ada beberapa kawasan yang harus ditertibkan. Apalagi, Pemkot Medan sedang bekerja keras untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan," harapnya.

Bobby menambahkan, saat ini salah satu program prioritas Pemkot Medan ialah mengembalikan fungsi kawasan heritage kawasan Kesawan seperti dulu.

"Jadi, salah satu program prioritas kami mengembalikan daerah heritage kesawan, baik itu dari segi bentuk bangunannya maupun suasananya," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Inang Jalaludin Shofihara (CM)
Editor: Amalia Purnama Sari (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved