Breaking News:

Meski Tumbuh di Tengah Pandemi, GPEI Terus Genjot Peningkatan Ekspor dari Sumut

Kinerja ekspor Sumatera Utara sepanjang 2020 tetap mengalami pertumbuhan positif meskipun ditengah pandemi Covid-19.

Istimewa
Hendrik Sitompul Pimpin Rapat Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) beberapa waktu lalu 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Kinerja ekspor Sumatera Utara sepanjang 2020 tetap mengalami pertumbuhan positif meskipun ditengah pandemi Covid-19.

Data Badan Pusat Statistik Sumatera Utara (BPS Sumut) menunjukkan nilai ekspor Sumut sepanjang 2020 tumbuh 5,25 persen dibandingkan 2019.

Kontribusi nilai ekspor sektor industri terhadap total nilai ekspor Januari hingga Desember 2020 terbesar mencapai 92,80 persen.

Selain itu ada sektor pertanian sebesar 7,20 persen dan sektor pertambangan dan penggalian, sektor minyak dan gas, serta sektor lainnya sebesar 0,00 persen.

Ketua Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumut Hendrik Sitompul mengatakan memang saat pertengahan tahun 2020 sempat ada penurunan ekspor dari Sumatera Utara.

Hal ini disebabkan oleh tutupnya pelabuhan negara tujuan karena pandemi. Ini menyebabkan berbagai kegiatan termasuk eksportasi sempat terbatas. 

"Nah ketika pelabuhan kembali dibuka ekspor yang sempat terhenti tetap berjalan. Ekspor tersebut merupakan ekspor eksisting artinya ekspor yang reguler," katanya kepada Tribun Medan, Jumat (19/3/2021). 

Ia mengatakan pertumbuhan tersebut hanya mengisi permintaan sebelumnya. Dalam eksportasi, pembeli komoditas dari Sumut ini sudah existing.

Sehingga meski pandemi, Sumut tetap bisa merealisasikan hasil kesepakatan perjanjian dengan buyer sebelumnya. 

"Kalaupun naik itu hanya penambahan karena kemarin sempat ada tertunda. Jadi hanya pemenuhan permintaan dari yang sebelumnya,  karena pemilik barang dan buyer sudah ada perjanjian sejak awal. Jadi perjanjian itu yang terealisasi," katanya. 

Halaman
123
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved