Breaking News:

TRIBUNWIKI

Kediaman Raja Bolon Motung Ompu Buntulan Manurung, Jadi Tempat Persinggahan Raja Sisingamangaraja

Walau atap rumah sudah habis sebab terbuat dari ijuk, namun badan rumah yang dibentuk dari rangkaian kayu tanpa paku.

TRIBUN MEDAN/MAURITS
Kediaman Rumah Raja Bolon Motung Ompu Buntulan Manurung pernah dikunjungi oleh Raja Sisingamangaraja dan berbincang langsung di dalam rumah tersebut 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Rumah Tradisional Batak Toba yang dikenal dengan Rumah Bolon yang terbuat dari kayu pilihan dan paling keras, dikenal masyarakat Motung sebagai Hau Jior dan Hau Pokki berdiri kokoh di Desa Motung, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba.

Sejak zaman kolonial Belanda hingga kini, ornamen yang terukir dan menempel di dinding rumah tersebut belum direvitalisasi.

Diperkirakan hampir 200 tahun, rumah tersebut menjadi kediaman Raja Bolon Motung Ompu Buntulan Manurung.

Selain rumah ini adalah rumah seorang raja, rumah ini juga pernah disambangi Raja Sisingamangaraja bersama bala tentaranya.

Baca juga: Polisi ini Gerebek Istrinya saat Indehoy dengan Pria Rekan Kerjanya Sekuriti Bandara Ngurah Rai

Ingatan itu membuat keturunan Raja Bolon Motung Ompu Buntulan Manurung meyakini bahwa rumah tersebut pemberi berkat.

Perjumpaan antara Raja Sisingamangaraja dengan Raja Bolon Motung Ompu Buntulan Manurung terjadi di masa kolonial Belanda.

Kediaman Rumah Raja Bolon Motung Ompu Buntulan Manurung pernah dikunjungi oleh Raja Sisingamangaraja dan berbincang langsung di dalam rumah tersebut
Kediaman Rumah Raja Bolon Motung Ompu Buntulan Manurung pernah dikunjungi oleh Raja Sisingamangaraja dan berbincang langsung di dalam rumah tersebut (TRIBUN MEDAN/MAURITS)

"Rumah ini kami yakini menjadi pemberi berkat sebab di sinilah ompung kami dan Raja Sisingamangaraja bertemu. Raja Sisingamangaraja yang baru saja melintasi Danau Toba berkunjung ke rumah ini.

Kehadiran Raja Sisingamangaraja menjadi ingatan bagi kami keturunan Raja Bolon Motung Ompu Buntulan Manurung," ujar Musdin Manurung (73) seorang warga Desa Motung, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba pada Sabtu (20/3/2021).

Perjumpaan dengan Raja Sisingamangaraja adalah momen berahmat sebab secara langsung Ompu Buntulan langsung berkomunikasi dengan Sisingamangaraja di rumah tersebut.

Hal paling mencengangkan bagi keluarga Raja Bolon Motung Ompu Buntulan Manurung adalah peristiwa terbakarnya rumah tersebut beberapa waktu yang lalu.

Halaman
1234
Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Ayu Prasandi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved