Breaking News:

Pemuda Berkarya, Indonesia Berdaya bersama Forum Indonesia Muda Se-Sumut

Kegiatan yang dilaksanakan hasil kolaborasi FIM se-Sumut ini bertujuan untuk membentuk karakter pemimpin bagi pemuda/i di Sumatera Utara.

HO
Forum Indonesia Muda Regional Medan dan Forum Indonesia Regional Muda Deli sukses menggelar Pelatihan Generasi Cakrawala (Gencar) 4 yang diselenggarakan selama 4 hari (11-14 Maret 2021) secara virtual melalui aplikasi meeting zoom. 

TRIBUNMEDAN.ID - Forum Indonesia Muda Regional Medan dan Forum Indonesia Regional Muda Deli sukses menggelar Pelatihan Generasi Cakrawala (Gencar) 4 yang diselenggarakan selama 4 hari (11-14 Maret 2021) secara virtual melalui aplikasi meeting zoom.

Kegiatan yang dilaksanakan hasil kolaborasi FIM se-Sumut ini bertujuan untuk membentuk karakter pemimpin bagi pemuda/i di Sumatera Utara. Di mana pemuda dianggap sebagai agen perubahan yang potensial untuk membangun Indonesia lewat karya dan aksi nyatanya. 

FIM SUMUT (Sebelum berekspansi menjadi FIM Medan dan Deli Serdang) rutin mengadakan pelatihan Gencar setiap tahunnya. Gencar dibentuk pertama kali pada tahun 2018 di Gedung Balai Diklat Pertanian / BLPP Pemrovsu.

“Pelatihan Gencar 4 diadakan dengan tujuan untuk menumbuhkan regenerasi dan wajah baru di keluarga generasi cakrawala, dan karena covid yang tak kunjung berakhir, maka diputuskan untuk mengadakan pelatihan secara daring,” kata Ahmad Fauzi, Project Leader Gencar 4.

Pelatihan yang diikuti oleh ±52 orang ini, mengangkat tema “Pemuda Berkarya, Indonesia Berdaya”. Pesan tersirat yang ingin disampaikan melalui tema ini ialah karya dan arah gerak pemuda Indonesia sekarang, berdampak bagi masa depan bangsa kelak.

“Karena sebuah negara tidak diukur oleh garis peta melainkan dari gerak pemudanya. Daya bangsa ini terletak pada semangat anak mudanya yang nanti akan melanjutkan estafet perjuangan untuk mengisi dan merawat kemerdekaan. Karya-karya pemudalah yang harusnya kini kita optimalkan untuk meningkatkan kualitas masyarakat, dengan begitu Indonesia pasti memiliki daya yang lebih besar dan luar biasa. Tema itu juga menjadi harapan kami kedepan, generasi cakrawala 4 bisa menjadi pemuda-pemuda yang hadir dengan karya untuk merawat indonesia.,” jelas Aldho, koordinator acara Gencar 4.

Persiapan yang dilakukan selama ± 1 bulan ini diakui Aldho cukup menantang, sebab membuat pelatihan online terasa seperti offline adalah PR tersendiri baginya. Kendala yang dihadapi juga bermacam-macam, terlebih mengenai teknis acara. Namun, ia juga mengatakan bahwa semua kendala itu dapat terselesaikan dengan baik akhirnya.

“Pasti dalam menjalankan kegiatan ada kendala yang datang, salah satunya terkait menjadikan pelatihan ini tetap terasa vibesnya oleh peserta walaupun sedang berjauhan, mulai dari merancang acara, mencari pemateri, memikirkan alternatif dana dan yang paling rumit itu menyusun teknis acara yang berkaitan dengan teknologi. Tapi untungnya panitia sangat luar biasa, selalu mau belajar dan siap memberikan yang terbaik,” ungkapnya.

Gita Dewi Rosifa, salah satu peserta Pelatihan Gencar 4 online mengaku antusias mengikuti pelatihan ini sebab ia merasa Gencar 4 ini beda dari pelatihan online pada umumnya. 

“Asli diluar dugaan sih kak pelatihannya bakalan seseru ini. Karena sempat mikir pasti pelatihannya ngebosanin karena kan full tuh satu harian ngezoom, pasti monoton kali ni pelatihannya karena pernah ngikutin kegiatan selama masa covid ini rata² gitu ngebosenin. Rupanya salah dugaan gita. Pelatihannya seru ketemu orang-orang baru yg luar biasa peduli terhadap sesama. Terus pun baru kali ini ngikutin organisasi yg orang-orang di dalamnya itu ramah. Biasanya ngikut organisasi apalagi online terus blm pernah kenal sebelumnya pasti siapa lu siapa gue aja. Tpi ini luar biasa sih bisa gampang akrab, ramah walaupun blm kenal jauh. Sesenang itu bisa gabung di keluarga gencar,” ungkap Gita.

Ke depannya panitia berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah bertumbuh pemuda/i Sumatera Utara untuk menebarkan virus-virus kebaikan di tengah-tengah masyarakat SUMUT. 

“Pelatihan ini bukan akhir, melainkan awal untuk kita melebarkan sayap manfaat. Jadi semoga gencar 4 bisa komitmen untuk bergerak dan berdampak serta solid selalu. Karena ditengah krisis ini peran pemuda sangat sentral untuk menjadi kontrol sosial,” ungkap Aldho.

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved